Penuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat Jateng, Sudirman: Perlu Dibangun Pasar Khusus Hasil Bumi

Semarang, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengaku mendapat sejumlah masukan, terutama soal membangun pasar induk yang khusus menjual hasil bumi dari Jawa Tengah. Hal itu terungkap, dalam pertemuan bersama asosiasi pedagang di Kota Semarang, belum lama ini.

Menurutnya, hasil panen di provinsi ini cukup melimpah dan sering didistribusikan hingga ke luar daerah. Namun, karena banyak yang dijual di luar daerah, kebutuhan masyarakat Jateng juga sering mengalami kekurangan. Misalnya stok komoditas beras dan bawang merah yang sering terjadi kelangkaan.

Mantan menteri ESDM itu menjelaskan, sudah saatnya di Jateng dibangun pasar induk yang mengkhususkan menjual hasil bumi. Sehingga, kebutuhan masyarakat Jateng bisa terpenuhi dan sisanya didistribusikan ke luar wilayah.

“Saya keliling ke seluruh Jawa Tengah, tanaman apa saja bisa tumbuh bisa subur. Kalau kita bisa punya pasar hasil bumi, punya grosir, punya gudang yang baik dan tempat penyimpanan yang baik akan sangat bagus bagi Jawa Tengah,” kata Sudirman di Semarang.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, dengan adanya pasar induk hasil bumi juga akan meminimalkan ketimpangan dari segi harga. Sehingga, satu komoditas yang dijual antara daerah satu dengan lainnya tidak terlalu jauh.

“Pernah saya ke Banjarnegara, harga bawang merahnya Rp24 ribu per kilogram. Tapi di Brebes cuma Rp7 ribu per kilogram saja. Artinya, ada perbedaan harga yang cukup jauh dan tidak beres dalam mata rantai perdagangan komoditas,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPermudah Izin Usaha, Ganjar: Silakan Investor Datang ke Jateng
Artikel selanjutnya[PhotoEvent] Idola Business Gathering April 2018