Sekda: Kita Akan Koordinas Dengan PUPR Soal Tol Bawen-Yogya

Semarang, Idola 92.6 FM – Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terkait penolakan DPRD terhadap wacana pembangunan jalan tol Bawen-Yogya.

Penolakan yang disampaikan Pansus Ranperda RTRW tersebut, sebenarnya dimunculkan untuk menekan anggaran dan memaksimalkan pembangunan yang sudah ada. Yakni pembangunan jalan tol Semarang-Solo. Dewan juga mengusulkan, untuk mereaktivasi jalur rel kereta api yang sudah ada.

Namun, jelas sekda, usulan dari dewan tetap akan menunggu evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri dan juga Kementerian PUPR sebagai pelaksana pembangunan.

“Jadi, revisi tata ruang ini menjadi pedoman bersama. Bukan berarti ini untuk pemutihan, tapi revisi penyempurnaan yang selama ini sudah kita lakukan. Tol Bawen-Yogya disarankan lebih baik membangun atau mereaktivasi jalur rel kereta api yang sudah ada dengan berbagai pertimbangan. Ya nanti dilihat saja evaluasinya dari Kemendagri seperti apa. Karena tol Bawen-Yogya sudah menjadi Proyek Strategis Nasional yang dicanangkan Kementerian PUPR, nanti kita lihat saja,” kata Sri Puryono, Selasa (16/10).

Lebih lanjut sekda menjelaskan, Proyek Strategis Nasional (PSN) sebenarnya untuk menggenjot dan meningkatkan perekonomian daerah sekitar. Terutama, daerah yang dilalui jalan tol Trans Jawa.

“Semua itu untuk kesejahteraan masyarakat, karena dampaknya masyarakat yang merasakannya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJelang Pemilu 2019, Bagaimana Memperbaiki Database Pemilih?
Artikel selanjutnyaREI: Investasi Apartemen di Semarang Masih Menguntungkan
Wartawan senior Radio Idola Semarang.