Terima Keluhan Petani Bawang Putih Soal Harga, Ganjar Siap Temui Mentan

Temanggung, Idola 92.6 FM – Para petani bawang putih di Desa Petarangan, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung mengaku resah, karena muncul surat edaran dari Direktorat Jenderal Pertanian dan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian yang mengatu soal harga tertinggi penjualan bawang putih.

Menanggapi keluhan tersebut, Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo siap membawa masukan tersebut ke Jakarta dan disampaikan ke Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman.

Menurutnya, apabila merujuk pada surat edaran tersebut jelas petani bawang putih dirugikan. Sebab, harus menjual produknya tidak lebih dari Rp11 ribu per kilogram. Padahal, petani membeli bibit bawang putih seharga Rp80 ribu per kilogramnya. Sehingga, kondisi tersebut dianggap merugikan petani.

“Petani bawang putih sebentar lagi akan segera panen, ada keluhan dari mereka tentang surat edaran dari Dirjen Pertanian dan Tanaman Pangan yang mengatur harga tertinggi bawang basah maksimal Rp11 ribu per kilogram. Padahal, harga beli benihnya saja Rp80 ribu per kilogram. Kita akan coba bicara dengan Pak Menteri Pertanian, agar ada solusi khususnya,” kata Ganjar.

Lebih lanjut politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, untuk melindungi para petani bawang putih dari sisi harga jual, juga harus diperhatikan pascapanennya. Petani harus diajarkan berjualan dengan model lain, misal secara online. (Bud)

Artikel sebelumnyaCawagub Ida Optimistis Siap Jemput Harapan Masyarakat Jateng
Artikel selanjutnyaOmbudsman Terus Kawal Layanan Publik Berintegritas Sesuai Nawacita Jokowi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini