Aprilia Palupi, Peraih Penghargaan Nasional dalam Lomba Kompetensi Guru Pertanian

Aprilia Palupi
Aprilia Palupi, Guru pertanian yang mengajar di SMK Negeri 1 Bansari Temanggung Jawa Tengah.(Foto: Upik)

Temanggung, Idola 92.6 FM – Guru pertanian di SMK Negeri 1 Bansari Temanggung Jawa Tengah ini dikenal sebagai guru inspiratif. Tak sekadar mengajar, kepada para murid, ia selalu menekankan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Sosok itu adalah Aprilia Palupi atau akrab dipanggil bu Upik (44 tahun). Ia guru pertanian peraih Penghargaan Nasional dalam Lomba Kompetensi Guru Pertanian 2016. Selain itu, ia juga mendapat predikat Guru Inspiratif di Masa Pandemi 2020. Bu Upik kelahiran Magelang ini telah mengabdi di SMK Negeri 1 Bansari Temanggung sejak 2009.

Kepada radio Idola, ia bercerita anak-anak itu suka mudah, praktis, dan enak. Sementara kalau berbicara tentang pertanian berasa berat, panas, susah dan gak keren. Hal itu yang membuat bu Upik terus menggaungkan ke murid-muridnya bahwa pertanian itu tak selalu lusuh dengan cara mengajak belajar ke luar sekolah.”Pertanian itu kece, gak sekedar pertanian itu lusuh, nggak, kita bisa kok belajar dengan alat-alat ini. Kalau pas gak di sekolah, saya ajak ke luar, dari yang tidak dimiliki oleh sekolah,”tutur bu Upik kepada radio Idola, pagi (20/05) tadi.

Guru yang telah mendatangi 9 negara dengan biaya sendiri itu menyampaikan, bahwa setiap tahun tantangan dalam mengajar murid-muridnya selalu beda. Ia ingin setiap angkatan punya cerita berbeda karena murid-murid memiliki semangat berbeda.

Selengkapnya, berikut ini, wawancara radio Idola Semarang bersama Aprilia Palupi, Guru pertanian yang mengajar di SMK Negeri 1 Bansari Temanggung Jawa Tengah, peraih Penghargaan Nasional dalam Lomba Kompetensi Guru Pertanian 2016 dan Guru Inspiratif di Masa Pandemi 2020. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: