Layanan Kesehatan Berbasis Digital Sudah Layak Diterapkan

Petugas kesehatan
Petugas kesehatan saat memeriksa lansia.

Semarang, Idola 92,6 FM-Digitalisasi kesehatan merupakan salah satu isu di dalam bidang kesehatan, yang bertujuan memaksimalkan dan menyederhanakan serta memermudah akses pelayanan kesehatan.

Dinas Kesehatan Jawa Tengah mendorong rumah sakit maupun klinik kesehatan hingga puskesmas, untuk menerapkan digitalisasi layanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yunita Dyah Suminar mengatakan Kementerian Kesehatan belum lama ini, juga telah meluncurkan layanan kesehatan berbasis digital. Hal itu dikatakan saat ditemui di Semarang, belum lama ini.

Yunita menjelaskan, Kementerian Kesehatan sudah mencanangkan transformasi layanan kesehatan secara digital.

Tentunya, yang berhubungan dengan transformasi teknologi.

“Jadi ketika ada pasien dan diberikan terapi oleh dokter, maka farmasi bisa memberikan saran atau masukan kepada dokter untuk memberikan terapi yang rasional. Kenapa digital, agar lebih cepat terbaca dan ada kesinambungan meski berganti jaga,” kata Yunita.

Lebih lanjut Yunita menjelaskan, digitalisasi kesehatan merupakan salah satu isu di dalam bidang kesehatan yang bertujuan untuk memaksimalkan dan menyederhanakan serta memermudah akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat .

Seperti diketahui, salah satu contoh digitalisasi pelayanan kesehatan adalah platform SatuSehat yang diluncurkan Kemenkes. (Bud)