Tol Trans Jawa Sudah Tersambung, Ini Pesan Jokowi

Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Batang Wihaji meresmikan ruas jalan tol di Jembatan Kalikuto, Kamis (20/12).

Semarang, Idola 92.6 FM – Tujuh ruas jalan tol baru yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo, Kamis (20/12). Khusus untuk tigas ruas tol baru di wilayah Jawa Tengah secara simbolis diresmikan di KM383 Jembatan Kalikuto ruas tol Semarang-Batang.

Ketiga ruas tol yang diresmikan di wilayah Jateng adalah jalan tol Pemalang-Batang sepanjang 34 kilometer, Batang-Semarang (75 km) dan Salatiga-Kartasura (33km).

Presiden Jokowi mengatakan dengan sudah tersambungnya jalan tol Trans Jawa ini, diharapkan bisa mendorong pertumbuhan investasi di daerah yang dilintasi jalan tol. Sehingga, para calon investor bisa masuk ke kawasan industri yang baru dan maupun lama.

Dampak dari tersambungnya tol Trans Jawa, jelas Jokowi, dengan masuknya investasi baru juga akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Termasuk, kawasan wisata yang terlalui jalan tol juga bisa berbenah untuk dikembangkan lebih baik lagi.

“Artinya, sejak hari ini tol Merak sampai ke Grati di Pasuruan telah tersambung, dan bisa dilewati. Jakarta-Surabaya,Surabaya-Jakarta telah bisa dilewati. Apa yang bisa kita harapkan dari adanya jalan tol ini, yang pertama kita ingin memberikan pilihan-pilihan kepada masyarakat mau lewat tol Trans Jawa silakan, mau lewat yang jalan nasional juga silakan,” kata Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, ruas tol di Jateng yang diresmikan terakhir sepanjang 142 kilometer mulai dari Pemalang sampai hingga Kartasura.

“Sepanjang 933 kilometer, telah tersambung pada hari ini dari Merak hingga Grati. Dengan tersambungnya ruas tol Trans Jawa ini, maka dari tahun 2015-2018 telah diselesaikan secara keseluruhan pembangunan jalan tol 616 kilometer,” ucap Basuki. (Bud)

Artikel sebelumnyaGanjar: Saya Minta Satgas Nataru Bisa Optimal Layani Masyarakat
Artikel selanjutnyaKapolda: 16 Ribu Personel Kita Kerahkan Untuk Amankan Natal dan Tahun Baru

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini