Verifikasi Berkas Pencalonan Juga Diawasi Bawaslu

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Bawaslu Jateng Fajar SAKA mengatakan, jajarannya selalu siap di dalam mengawal seluruh proses pelaksanaan Pilkada 2018. Termasuk nanti, ketika digelar Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Menurutnya, seluruh panitia pengawas (Panwas) di 35 kabupaten/kota di Jateng juga sudah diberikan bimbingan teknis (Bintek) terkait pengawasan Pilkada Serentak 2018.

Fajar menjelaskan, tahapan saat ini yang sedang berjalan adalah pemeriksaan berkas pencalonan dari masing-masing calon. Untuk Pilgub Jateng, KPU sudah menyebutkan dokumen yang harus diperbaiki dan dilengkapi. Sehingga, di tahapan ini pihaknya juga tetap melakukan pengawalan.

“Kami sudah berkomitmen dengan KPU, kita bermain secara terbuka menyampaikan kepada pasangan calon misal ada syarat yang tidak terpenuhi mau tidak mau harus ditegakkan aturannya. Kalau memang TMS (tidak memenuhi syarat) yang TMS, kalau MS (memenuhi syarat) ya MS,” kata Fajar.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, setiap pasangan calon juga diminta bisa menjaga proses Pilkada di Jateng berjalan dengan baik dan bermartabat. (Bud)

Artikel sebelumnyaKeris Jateng Digadang-gadang Mampu Tingkatkan Investasi Tahun Ini
Artikel selanjutnyaKPU Jalin Kerja Sama Dengan Masing-Masing Satgas Milik Polda Jateng