BI Jateng Beri Beasiswa ke Mahasiswa Berprestasi

Kepala KPw BI Jateng Soekowardojo menandatangani perjanjian kerja sama pemberian program beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, Rabu (11/9).
Kepala KPw BI Jateng Soekowardojo menandatangani perjanjian kerja sama pemberian program beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, Rabu (11/9).

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng memberikan program beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, Rabu (11/9). Sampai dengan saat ini, tercatat sudah ada 270 mahasiswa di enam perguruan tinggi negeri dan swasta di Jateng yang menerima program beasiswa dari BI.

- Advertisement -

Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng Soekowardojo mengatakan latar belakang pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi ini, karena tingginya biaya pendidikan di Indonesia dan kesulitan untuk melanjutkan sekolahnya. Sehingga, pihaknya berupaya untuk berperan dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia melalui program pemberian beasiswa.

Soekowardojo menjelaskan, pemberian beasiswa ini dilakukan dengan memertimbangkan berbagai aspek. Mulai dari akreditasi perguruan tinggi, sarana yang dimiliki perguruan tinggi hingga prestasi mahasiswa yang akan menerima program beasiswa.

Menurutnya, program beasiswa yang diberikan BI tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan dan tunjangan studi maupun biaya hidup. Namun, mahasiswa yang menerima program beasiswa dari BI juga diberi berbagai pelatihan secara berkala dan terencana.

“Yang istimewa, sebenarnya adalah tahun ini kita melibatkan perguruan tinggi swasta. Pada tahun-tahun sebelumnya itu, kita masih menyasar perguruan tinggi negeri dan tahun ini ke perguruan tinggi swasta. Hari ini kita menandatangani kerja sama antara Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, dengan Universitas Negeri Tidar dan Universitas Muria Kudus. Ini perluasan dari kerja sama Bank Indonesia dengan perguruan tinggi. Berarti, sudah ada enam perguruan tinggi di Jawa Tengah yang bekerja sama,” kata Soekowardojo.

Soekowardojo lebih lanjut menjelaskan, para mahasiswa yang menerima beasiswa dan tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) akan menjadi kepanjangan tangan dari BI dalam memberikan sosialisasi mengenai tugas dan pengetahuan tentang bank sentral kepada masyarakat.

“Melalui GenBI juga, mahasiswa yang menerima beasiswa akan coba kita arahkan menjadi karyawan BI. Sehingga, proses seleksi karyawan BI bisa kami lakukan sejak dini,” jelasnya.

Soekowardojo menyebutkan, selain pemberian program beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, pihaknya juga peduli dengan dunia pendidikan untuk jenjang sekolah menengah atas. Yakni, melalui penyediaan fasilitas Bank Indonesia Corner. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini