Dengan Bersepeda, Kapolda Jateng Intensifkan Patroli Lingkungan

Rycko Amelza Dahniel
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel bersama jajaran pejabat utama menggunakan sepeda keliling Kota Semarang.

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, jajaran Polda Jawa Tengah terus melakukan pengamanan. Termasuk, meningkatkan patroli petugas secara intensif ke lingkungan masyarakat.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan upaya preventif dan preemtif terus dilakukan, dalam rangka menekan angka kejahatan yang terjadi di tengah masyarakat. Tujuannya, untuk memersempit ruang gerak dari pelaku kejahatan melakukan aksinya.

Salah satu yang bisa dilakukan dan ditingkatkan, jelas kapolda, dengan rutin menggelar patroli ke lingkungan warga. Bahkan, patroli petugas juga bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda.

Menurutnya, petugas yang berpatroli menggunakan sepeda akan mampu menjangkau daerah di tengah perkampungan.
“Kita tingkatkan kehadiran polisi di tengah malam sampai dengan pagi dini hari. Kita akan tindak tegas, siapapun yang mengganggu keamanan dan mengganggu warga di Jawa Tengah dengan tindakan-tindakan kriminal. Sehingga, kita bisa memberikan efek cegah kepada siapa saja yang mengganggu keamanan di Jawa Tengah,” kata kapolda ketika menggelar acara bersepeda bersama wartawan, kemarin.

Rycko lebih lanjut menjelaskan, dengan semakin banyak petugas berpatroli dan hadir di tengah masyarakat akan menciptakan rasa aman dan nyaman. Masyarakat juga bisa melaporkan kepada petugas, jika menjumpai hal-hal yang mencurigakan.

“Patroli bersepeda memudahkan petugas lebih detil mengawasi, dan mengontrol setiap lingkungan masyarakat yang dilewati,” pungkasnya. (Bud)