Komisi E DPRD Jateng Minta Pemprov Perkuat Anggaran Pendidikan

Anggaran Pendidikan

Semarang, Idola 92.6 FM – APBD Jawa Tengah 2020 sudah diketok palu pada Selasa (12/11) kemarin, dengan mengkonsentrasikan anggaran pada pengentasan kemiskinan dan anggaran pendidikan. Namun, anggaran yang dialokasikan untuk sektor pendidikan di Jateng masih dirasa kurang maksimal.

Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen mengatakan jika APBD 2020 yang disahkan sebesar Rp28,3 triliun, dan mengalami rasionalisasi dari usulan pemprov dalam RAPBD 2020 sebesar Rp28,77 triliun. Anggaran sebesar itu, memang diprioritaskan untuk pengentasan kemiskinan dan fasilitas dasar serta peningkatan sumber daya manusia.

Zen menjelaskan, dari postur APBD Jateng 2020 itu sebenarnya anggaran untuk sektor pendidikan di provinsi ini belum maksimal. Sehingga, anggarannya belum bisa merata untuk memenuhi kebutuhan di bidang pendidikan.

Menurutnya, anggaran di sektor pendidikan di APBD Jateng 2020 itu dianggap belum cukup untuk pembangunan gedung sekolah, maupun fasilitas penunjang pendidikan lainnya.

“Anggaran pendidikan sebetulnya menurut data dari Kemendikbud, Jawa Tengah termasuk salah satu provinsi yang belum mencapai 20 persen dari APBD. Tapi kalau mengakuisisi dari transfer APBN, baik melalui BOS atau DAU dan DAK serta lainnya sudah di atas 20 persen dan bahkan mencapai 40 persen. Tapi itu kan alokasi dari APBN yang diakuisisi provinsi. Jadi, harapan kami ke depan komitmen soal anggaran pendidikan dan pemerataan penganggaran di dalam pendidikan betul-betul memperhatikan kondisi yang riil di masyarakat,” kata Zen, Rabu (13/11).

Zen lebih lanjut menjelaskan, masih banyak kebutuhan di sektor pendidikan yang harus dipenuhi. Misalnya pembangunan gedung sekolah, perawatan gedung-gedung sekolah dan penambahan fasilitas penunjang pendidikan.

“Kita dorong ke depannya, Pemprov Jawa Tengah ini serius lagi terhadap sektor pendidikan dan tidak mengandalkan alokasi dana dari pusat,” jelasnya.

Diketahui, DPRD Jateng mengesahkan APBD 2020 pada Selasa (12/11) kemarin. Untuk sektor pendidikan, dalam APBD Jateng 2020 dialokasikan sebesar Rp6,77 triliun naik dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp6,08 triliun. (Bud)