Ganjar: 100 Persen ODF di Jateng Baru Terwujud 2021 Mendatang

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan untuk mengubah perilaku tidak buang air besar sembarangan tidak mudah, sebab juga harus mengubah perilaku masyarakatnya. Karena, saat ini masih ada beberapa kabupaten/kota di Jateng belum 100 persen Open Defecation Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar sembarangan.

Menurutnya, untuk mencapai 100 persen ODF di Jateng baru bisa terwujud pada 2021 mendatang.

Ganjar menjelaskan, pihaknya berupaya melakukan percepatan untuk mencapai 100 persen ODF. Karena, hal itu juga menjadi salah satu faktor pengurangan angka kemiskinan. Sehingga, pihaknya terus mendorong dengan menggandeng berbagai instansi terkait untuk gotong royong menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Makanya gerakan keroyokan gotong royong ini, sebenarnya bagian dari salah satu kita mengentaskan kemiskinan dari sub-sub sektor yang kecil sekali. Dalam hal ini sanitasi, super subnya adalah jamban. Bahwa dilihat tidak punya jamban, maka penyakit gampang menular. Ada tipus, kolera, disenteri dan sebagainya,” kata Ganjar, Senin (4/3).

Ketua Yayasan Wahana Bhakti Sejahtera Budi Laksono menambahkan, saat ini persoalan sanitasi masih terabaikan. Tercatat, sebanyak 22 juta lebih masyarakat Indonesia belum memiliki akses sanitasi sehat.

“Sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat, karena penyakit yang diakibatkan perilaku buang air besar sembarangan menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia,” ujar Budi. (Bud)

Artikel sebelumnyaRevisi Regulasi Seperti Apa Dalam Upaya Penegakan Hukum Pemberantasan Narkoba agar Lebih Optimal?
Artikel selanjutnyaNutrifood Indonesia Kampanye Gaya Hidup Sehat ke Milenial di Kafe

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini