Ganjar: Penanggulangan TB di Jateng Jadi Prioritas Semua Pihak

Semarang, Idola 92.6 FM – Rencana aksi penanggulangan Tuberkulosis (TB) di Jawa Tengah sudah digariskan melalui Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 93 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Daerah Penanggulangan TB 2018-2023, karena TB merupakan masalah kesehatan yang menimbulkan angka kesakitan dan kematian tinggi. Sehingga, perlu melakukan sinergi secara kegiatan dan tindakan secara konkrit dari semua pihak.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan untuk penanggulangan TB di provinsi ini, maka semua pihak harus gaspol. Karena, penanganan TB ini harus serius dan terstruktur.

Menurutnya, pemerintah bersama Amerika Serikat sudah bekerjasama dalam upaya penanggulangan TB.

Ganjar menjelaskan, dirinya sudah bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Donovan membahas soal penanggulangan TB. Sebab, TB masih menjadi ancaman serius terhadap kesehatan global.

“Ini problem dunia bukan hanya Indonesia saja, maka kalau kita tidak gaspol, semua tidak ngeroyok, ini bahaya. Maka, perilaku hidup bersih itu mulai dijaga, dan kalau ada temuan penderita TB segera dilaporkan. Kan ada BPJS, ada pelayanan kesehatan yang semuanya itu bisa memberikannya. Kita butuh informasi itu. Kita sangat serius untuk itu, maka combating TB ini kita lakukan secara bersama dan kita didukung dunia internasional soal ini,” kata Ganjar, Senin (1/4).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, kerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat mengenai penanggulangan TB ini bisa mewujudkan visi Indonesia Bebas TB 2030 mendatang.

“Sekarang kalau ada masyarakat yang menemukan penderita TB, silakan melapor dan lakukan pendampingan. Kalau penderita TB ini bisa terdata dengan baik, maka proses terapi sampai sembuh tidak boleh putus dan ada pendampingan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPeringati Earth Hour, Ganjar Ajak Warga Padamkan Lampu Satu Jam Saja
Artikel selanjutnyaMenakar Debat Pilpres Keempat, Sudahkah Gagasan yang Dikemukakan Kandidat Capres Mampu Menjawab Tantangan Persoalan Krusial Bangsa?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini