Mereview Paket Kebijakan Ekonomi Pemerintah

Semarang, Idola 92.6 FM – Selama pemerintahan Presiden Joko Widodo, tercatat sudah ada 16 paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan. Namun, hingga kini, pengusaha masih menanti pelaksanaan paket-paket kebijakan itu secara optimal. Sejumlah pihak mengapresiasi kebijakan pemerintah namun ada masalah dalam pelaksanaan paket kebijakan.

Apalagi, selama ini paket kebijakan tersebut diharapkan menjadi bagian solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi dunia usaha di Indonesia. Sebab, hambatan dan dinamika di dunia usaha juga terus bermunculan. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani menyatakan, penerbitan 16 paket kebijakan ekonomi menunjukkan semangat pemerintah mendukung dunia usaha. Namun, ada masalah dalam pelaksanaan paket kebijakan.

Terpisah, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia-Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan, pemerintah dan dunia usaha sudah mengidentifikasi persoalan di dunia usaha berikut pilihan solusinya. Pemerintah sebaiknya mengoptimalkan pelaksanaan atau implementasi dari 16 paket itu.

Lantas, mereview paket kebijakan ekonomi pemerintah, seberapa jauh implementasi dan penerapannya? Bagaimana realisasinya bagi dunia usaha? Hal apa yang membuat 16 paket kebijakan itu masih belum optimal?

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Radio Idola Semarang berdiskusi dengan beberapa narasumber, yakni: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani dan Direktur CORE Indonesia Center of Reform On Economics (CORE) Mohammad Faisal, Ph.D. (Heri CS)

Berikut diskusinya:

Artikel sebelumnyaMau Dibawa Kemana Kota Semarang?
Artikel selanjutnyaPengusaha: Implementasi Paket Kebijakan Ekonomi Masih Lemah dalam Koordinasi