Peduli Energi Berkelanjutan, Polines Gelar Seminar Energi Terbarukan

Semarang, Idola 92.6 FM – Energi fosil yang saat ini dipergunakan, makin lama semakin berkurang. Karena, energi fosil tidak bisa diperbarui dan semakin habis seiring berjalannya waktu.

Ketua Panitia Pelaksaan Polines Weekend Technology Aryo Putro Wicaksono mengatakan dengan mengangkat tema “Teknologi Energi Terbarukan Guna Ketahanan Nasional”, pihaknya menggelar seminar nasional yang berkaitan dengan pemanfaatan eneri terbarukan untuk masa depan di Gedung Serba Guna Polines, Sabtu (2/3).

Hadir dalam seminar tersebut, jelas Aryo, adalah Pengembang Mobil Listrik di Indonesia, Ricky Elson dan Senior Staff Balai Besar Teknologi Konservasi Energi BPPT, As Natio. Selain itu, Purnomo Yusgiantoro mantan Menteri ESDM (tahun 2000) juga hadir di acara tersebut.

Menurutnya, seminar tersebut dianggap cukup penting bagi mahasiswa Polines, karena akan menjadi bahan dalam pembuatan teknologi terapan. Terutama, yang berbasis pada pemanfaatan energi terbarukan.

Aryo menjelaskan, para mahasiswa Polines harus mampu menerapkan teknologi yang berkaitan dengan konservasi energi terbarukan. Sehingga, mahasiswa Polines bisa meningkatkan ilmu pengetahuan dan mengaplikasikan teknologi dengan memanfaatkan energi terbarukan.

“Sebenarnya ini kepedulian kami terhadap masa depanm karena semakin hari kita tidak bisa terus bergantung pada energi fosil. Kita harus ada teknologi yang sustanable untuk masa depan, makanya kami mengangkat tentang energi terbarukan. Apalagi, energi terbarukan itu ada hubungannya dengan ketahanan nasional,” kata Aryo.

Lebih lanjut Aryo menjelaskan, saat ini di Polines beberapa fakultas sudah memanfaatkan energi terbarukan. Salah satunya adalah tenaga surya, yang diaplikasikan di laboratorium teknik elektro.

Sementara, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polines, Purnomo menjelaskan, energi merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan manusia. Dengan adanya isu saat ini, yakni terus menipisnya energi fosil, bisa menjadikan suatu informasi yang berguna.

“Dengan isu sekarang ini, bangsa kita akan lebih maju di masa mendatang dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki. Salah satunya, memanfaatkan potensi dari energi terbarukan,” ujarnya.

Dirinya berharap, energi terbarukan bisa dikelola dengan baik dan berkelanjutan. (Bud)

Artikel sebelumnyaPerum Bulog Jateng Salurkan 50 Paket Sembako Untuk Korban Kebakaran di Singorojo Kendal
Artikel selanjutnya16 Kades di Jateng Direkomendasikan Kena Sanksi Administrasi Karena Tak Netral

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini