Pemprov Jateng Berangkatkan Pemudik Dari TMII Pada 1 Juni

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemprov, Bank Jateng dan 35 kabupaten/kota di provinsi ini kembali memfasilitasi mudik gratis. Warga Jakarta dan sekitarnya yang akan pulang ke kampung halaman di Jateng, akan diangkut dengan 290 armada bus dan tiga rangkaian kereta api serta kapal laut secara gratis.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat mengatakan para pemudik dengan tujuan 35 kabupaten/kota yang ada di provinsi ini untuk armada bus, akan diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 1 Juni 2019. Sedangkan untuk kereta api dan kapal laut, jadwal keberangkatannya akan dilakukan pada 31 Mei 2019.

Menurutnya, untuk kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senin dan per rangkaian keretanya mampu menampung 600 penumpang. Tujuannya ke Kota Surakarta, Kota Semarang dan di wilayah Purwokerto.

Sedangkan untuk kapal laut, jelas Satriyo, mampu mengangkut dua ribu pemudik dan dua ribu sepeda motor. Berangkatnya direncanakan dari Tanjung Priok pada 31 Mei 2019.

“Dari pemprov, kemudian Bank Jateng maupun pemkab/pemkot, itu jumlah bus yang disiapkan 210 armada. Ditambah 50 armada dari Kabupaten Wonogiri, dan 30 armada dari Kabupaten Karanganyar, sehingga totalnya 290 armada bus. Semuanya akan diberangkatkan dari TMII pada tanggal 1 Juni. Rinciannya, 210 armada berangkat pagi dan sisanya berangkat siang dengan tujuan langsung ke Karanganyar dan Wonogiri,” kata Satriyo, Jumat (17/5).

Lebih lanjut Satriyo menjelaskan, selain dari Pemprov Jateng, bantuan armada mudik gratis juga difasilitasi Kementerian Perhubungan dengan menyiapkan 800 armada bus. Tujuannya ke Solo, Semarang, Purwokerto dan Wonogiri. Serta, disiapkan pula 75 truk untuk mengangkut sepeda motor milik pemudik.

“Tahun ini, bantuan mudik gratis juga diberikan Pemprov DKI Jakarta dengan menyediakan 210 bus dan 90 truk untuk mengangkut pemudik dan sepeda motor pemudik warga ibukota yang mau pulang kampung ke Jawa Tengah,” pungkasnya. (Bud)