Pemprov Jateng Pastikan Peserta UNBK Lancar Kerjakan Ujian

Semarang, Idola 92.6 FM – Pada tahun ini ada 190.878 siswa di Jawa Tengah yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan berasal dari 1.514 SMA/MA. Sedangkan untuk Kota Semarang, ada 12.669 siswa SMA/MA yang mengikuti UNBK.

- Advertisement -

Pelaksanaan UNBK yang masuk hari kedua dengan mata pelajaran Matematika, mendapat perhatian dari Gubernur Ganjar Pranowo dengan melakukan peninjauan ke sejumlah sekolah di Kota Semarang, Selasa (2/4).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan adanya beberapa kendala di lapangan dan sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga diperintahkan untuk melakukan langkah-langkah antisipasinya.

Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Semarang, Selasa (2/4).

Menurutnya, beberapa kendala yang langsung mendapat penanganan adalah soal sekolah menginduk ke sekolah lain karena keterbatasan peralatan.

Ganjar menjelaskan, untuk hari kedua pelaksanaan UNBK ini dirinya memastikan jika tidak ada kendala teknis maupun nonteknis.

“Beberapa trouble berkaitan dengan listrik, meski hanya sedikit gitu. Maka, ini saya meyakinkan untuk pelaksanaannya bisa lancar, agar anak-anak kita bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Setidaknya peralatan yang digunakan tidak ada hambatan semuanya,” kata Ganjar.

lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk siswa SMA/MA dan juga SMK di Jateng dirinya optimistis bisa meraih kelulusan 100 persen.

Pelaksana Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Sulistyo menambahkan, pada hari pertama pelaksanaan UNBK sempat terjadi kendala di SMA Muhammadiyah 2 Kota Semarang. Sehingga, peserta UNBK terpaksa dipulangkan dan ujian susulan akan dilaksanakan pada 15-16 April mendatang.

“Nanti akan ikut susulan tanggal 15-16 April. Itu hanya satu mata pelajaran saja, Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah 2,” ucap Sulistyo. (Bud)