Pertamina Salurkan 600 Ribu Liter Air Bersih ke Warga Wonogiri

Warga Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri antre mendapatkan air bersih bantuan dari Pertamina MOR IV, kemarin.

Semarang, Idola 92.6 FM – Warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Wonogiri bisa tersenyum bahagia, setelah mendapatkan pasokan air bersih dari Pertamina MOR IV. Sebab, warga sudah cukup lama kesulitan mendapatkan air bersih.

Salah satu warga Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Wardi mengatakan desanya merupakan salah satu desa yang terdampak paling parah kekurangan air bersih di musim kemarau ini.

Menurut Wardi, bantuan air bersih dari Pertamina bisa meringankan beban warga yang membutuhkan air bersih di musim kemarau.

“Kekeringan yang terjadi saat ini, sudah berlangsung beberapa bulan ke belakang. Bantuan dari Pertamina turut menunjang kebutuhan masyarakat terhadap air bersih, dan ini sangat bermanfaat bagi kami karena di wilayah kami ada warga yang sampai menjual hewan ternaknya untuk membeli air bersih,” kata Wardi saat ikut antre mendapatkan air bersih bantuan Pertamina, kemarin.

Kalahar BPBD Wonogiri Joko Hutomo menjelaskan, masyarakat yang ada di wilayah Wonogiri Selatan sangat membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

“Bantuan air bersih yang diberikan Pertamina diharapkan bisa meringankan beban masyarakat, yang saat ini tengah dilanda kekeringan. Kami akan mengawasi dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, guna menyalurkan bantuan yang diberikan,” ujar Joko.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR IV Andar Titi Lestari menyatakan, bantuan air bersih sebanyak 600 ribu liter itu sebagai bentuk kepedulian pihaknya kepada warga yang terdampak kekeringan. Terutama, bagi warga yang tinggal di tiga kecamatan di Wonogiri. Yakni Kecamatan Pracimantoro, Paranggupito dan Giritontro.

“Bantuan air bersih yang disalurkan, diharapkan mampu meringankan sebagian beban masyarakat di Wonogiri yang saat ini tengah dilanda kekeringan. Kami juga merencanakan untuk membantu beberapa wilayah lainnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang terdampak kekeringan di musim kemarau,” ucap Andar.

Andar menjelaskan, Pertamina akan berkoordinasi dengan BPBD Jateng maupun Yogyakarta untuk memetakan daerah yang membutuhkan bantuan air bersih. (Bud)

Artikel sebelumnyaPenjualan Rumah di Semester Pertama 2019 Belum Membaik
Artikel selanjutnyaMenakar Plus-Minus Kerjasama Partai Berkuasa dengan Oposisi, Akankah Rakyat Lebih Diuntungkan?
Wartawan senior Radio Idola Semarang.