Ratusan Ribu Warga Jateng Yang Terima PKH Mundur Karena Tidak Lagi Miskin

PKH
Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi penerima manfaat PKH yang sudah mundur dan jadi keluarga sejahtera.

Semarang, Idola 92.6 FM – Program pengentasan kemiskinan terus dilakukan pemerintah, dengan menggunakan sejumlah mekanisme bantuan. Salah satunya melalui Program Keluarga Harapan (PKH), untuk mengentaskan masyarakat miskin menjadi keluarga mampu.

Koordinator Wilayah PKH Jawa Tengah Arif Rohman Muis mengatakan sejak 2015 lalu, sudah ada 256.224 penerima PKH yang diwisuda di provinsi ini. Tahun ini, sudah ada 17.060 penerima PKH yang diwisuda dan diharapkan akan terus meningkat di tahun depan.

Menurutnya, para penerima PKH yang sudah diwisuda dan tidak lagi menerima bantuan dari pemerintah itu karena menganggap dirinya telah mampu keuangan keluarganya.

Arif menjelaskan, para penerima manfaat yang sudah lepas itu masih dilibatkan untuk memotivasi penerima PKH menjadi keluarga sejahtera.

“KPM yang sudah wisuda itu, kebanyakan masih ikut hadir di pertemuan kelompok. Justru mereka itulah, yang memotivasi KPM lainnya untuk segera keluar juga. Karena, KPM yang sukses itu minta bantuan ke KPM yang belum sukses untuk membantu berdagang atau ikut usahanya,” kata Arif belum lama ini.

Gubernur Ganjar Pranowo mengaku senang ada banyak penerima manfaat PKH, sudah menjadi keluarga sejahtera. Artinya, beban pemerintah dalam pengentasan kemiskinan semakin berkurang.

Ganjar menjelaskan, banyak dari penerima manfaat PKH di Jateng itu mundur karena memang sudah merasa mampu memenuhi kebutuhan sendiri,

“Maka, cara bergulir seperti ini akan membikin seluruh bantuan yang diberikan negara menjadi tepat sasaran. Dan kemudian, program pengentasan kemiskinan akan mencapai tujuan. Mereka sudah punya bisnis atau warung kecil-kecilan, jualan sayur dan sebagainya. Ini akan kita kawal. Maka, setelah diampu Dinas Sosial bisa diambil Dinas Koperasi dan UKM dilatih dan dibina serta diberi akses modal,” ujar Ganjar.

Ganjar berharap, kesadaran masyarakat yang menerima manfaat PKH itu bisa terus meningkat untuk menyukseskan program pengentasan kemiskinan. Sehingga, bantuan dari pemerintah bisa diarahkan ke sasaran lainnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPenuhi Kebutuhan Masyarakat Modern, Pertamina Siapkan Layanan Delivery Service 24 Jam
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Minta Warga Aktifkan Patroli Cari Sarang Tawon Endhas di Wilayahnya

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini