Soal Sampah, Pemprov Jateng Akan Inisiasi Kongres Sampah

Peni Rahayu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jawa Tengah.

Semarang, Idola 92.6 FM – Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jawa Tengah Peni Rahayu mengatakan persoalan sampah hampir terjadi di semua daerah, sehingga penanganannya harus secara masif dan profesional. Hal itu juga yang mendasari pemprov, untuk mengatasi persoalan sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Menurutnya, gerakan pengelolaan sampah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi juga akan dilakukan. Termasuk, dengan melibatkan rumah tangga sebagai salah satu bagian terkecil dari masyarakat yang ikut menyumbang sampah.

Peni menjelaskan, pemprov akan menginisiasi adanya kongres tentang sampah untuk tingkat nasional. Sehingga, nantinya persoalan sampah berikut solusi penanganannya bisa diwujudkan bersama.

“Kita ke depan akan memerangi sampah. Kita tahu bawah, sekarang budaya orang membuang sampah itu masih belum bisa memberikan contoh yang baik. Kita akan melakukan terobosan, bahkan kita diminta membuat kongres sampah. Untuk sampah ini, kita ingin menjadi inisiator dari gerakan bagaimana kita gerakan membuang sampah. Jadi, sampah atas arahan bapak gubernur, kita akan secara masif dari hulu,” kata Peni baru-baru ini.

https://cloud.radioidola.com/audio/2019/06/25-6-pemprov-pengolahan-sampah.msp3

Lebih lanjut Peni menjelaskan, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan di dalam upaya penanganan persoalan sampah. Karena, masyarakat juga bisa dilibatkan untuk mengelola sampah menjadi sumber energi.

“Dengan teknologi yang ada, sampah bisa diolah menjadi energi. Kan potensi sampah luar biasa, sehingga ini bisa dimanfaatkan,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGerai Ritel Terus Bertumbangan, Apa yang Terjadi?
Artikel selanjutnyaTim Hukum Taufik Kurniawan Susun Nota Pembelaan