Tarik Wisatawan Mancanegara, Pemprov Akan Bangun MAJT Baru Dekat Borobudur

Sekda Jateng Sri Puryono (kanan) menjelaskan langkah strategis dari pemprov untuk mengembangkan potensi pariwisata di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Semarang, Idola 92.6 FM – Sekda Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan pemprov berkolaborasi dengan pemerintah pusat, dalam upaya menggarap Candi Borobudur sebagai Bali baru di wilayah Jateng. Salah satunya, mengembangkan potensi selain Candi Borobudur.

Menurutnya, potensi lain yang akan dikembangkan adalah pemprov berencana membangun Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) baru selain di Kota Semarang.

Sri Puryono menjelaskan, pembangunan MAJT di sekitar Borobudur akan memantik minat wisatawan datang berkunjung. Terutama, wisatawan mancanegara dari negara-negara muslim. Sehingga, tidak hanya menikmati keindahan Candi Borobudur tapi juga bisa wisata budaya.

“Mulai tahun ini kita akan membangun Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Magelang. Di dekat Borobudur, biar orang tidak sensi berbicara Borobudur mau mem-Budha-kan orang Jawa Tengah atau Magelang. Bukan begitu, kita ambil budayanya,” kata Sri Puryono, Kamis (1/8).

Lebih lanjut Sri Puryono menjelaskan, harapannya dengan pembangunan MAJT baru di sekitar Borobudur bisa menyedot banyak wisatawan setiap tahunnya.

Sebagai warisan dunia, jelas sekda, Candi Borobudur harus terus dipercantik untuk menarik wisatawan mancanegara datang berkunjung. Tidak hanya kawasan Candi Borobudur saja, tapi juga di sekitar wilayah Kabupaten Magelang.

“Banyaknya wisatawan yang datang, akan memberikan banyak kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Candi Borobudur menjadi salah satu pilar, yang diharapkan bisa menyokong sektor pariwisata,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPengembang Rumah Mewah di Semarang Terus Genjot Pasar Properti
Artikel selanjutnyaKasus Jaksa Di Kejati Jateng, Kejati Tunggu Hasil Penyidikan Dari Kejagung