Tingkatkan Kompetensi, Bekraf Gelar Uji Sertifikasi Bagi Barista di Semarang

Anggota Komisi X DPR RI Yayuk Basuki (dua dari kiri) saat menjelaskan bisnis kopi Tanah Air di sela uji sertifikasi barista di Hotel Grand Candi, kemarin.

Semarang, Idola 92.6 FM – Pelaku barista merupakan pelaku ekonomi kreatif di dalam negeri, yang saat ini sedang menjamur dan diminati kaum milenial. Karena barista juga, kopi-kopi khas Indonesia semakin terkenal di kalangan pecinta kopi di dunia.

Direktur Harmonisasi Regulasi dan Standarisasi Bekraf Sabartua Tampubolon mengatakan melalui tangan-tangan barista itu, kopi-kopi unggulan Indonesia diracik penuh cita rasa untuk disajikan ke penikmat kopi. Oleh karena itu, pelaku barista perlu meningkatkan kompetensinya di dalam mengolah kopi nikmat disajikan.

Menurutnya, sertifikasi bagi barista meliputi tiga hal. Yakni pengetahuan, keterampilan dan sikap seorang barista.

Oleh karena itu, jelas Sabartua, sertifikasi bagi barista juga dianggap sebagai upaya membuka jembatan bagi barista yang akan bekerja di luar negeri.

“Barista sebenarnya profesi baru tapi menjanjikan, karena kita punya sumber daya bakunya dan punya orang-orangnya. kita nomor empat di dunia setelah Columbia, Brazil dan Vietnam. Tapi kalau kita cek misalnya kontribusi kopi Indonesia, apa sudah nomor empat di dunia apa belum nilai tambahnya? Oleh karena itu, sertifikasi menjadi penting, para barista tidak hanya bekerja di Indonesia tapi bisa sampai ke luar negeri,” kata Sabartua di sela uji kompetensi barista di Hotel Grand Candi Semarang, Jumat (2/8).

Lebih lanjut Sabartua menjelaskan, sampai dengan Juli 2019 profesi barista yang sudah tersertifikasi mencapai 1.852 orang dari 2.925 barista di seluruh Indonesia. Sehingga, melalui sertifikasi di Kota Semarang akan menambah jumlah barista yang sudah mengantongi sertifikasi.

“Kami kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kopi Indonesia untuk melakukan sertifikasi bagi barista. Dengan kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan pemahaman kepada barista dalam meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPLTU Jepara Gandeng Pemkab Demak Buat Infrastruktur Jalan Dari Fly Ash
Artikel selanjutnyaLewat Rumah Kreatif BUMN, PLN Dukung Perkembangan UMKM

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini