BI Jateng Gencar Sosialisasi Penggunaan QRIS ke Pasar Tradisional

Kode Batang QRIS

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi, tentang penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server.

Kepala KPw BI Jateng Soekowardojo mengatakan sistem pembayaran QRIS ini, akan memberikan kemudahan bertransaksi bagi masyarakat. Sehingga, sosialisasi dan edukasi QRIS ini harus mendapat dukungang dari berbagai perusahaan financial technology (fintech).

Pada tahap awal, jelas Soekowardojo, QRIS fokus pada penerapan pembayaran menggunakan kode QR model Merchant Presented Mode (MPM). Yakni, pedagang (merchant) akan menampilkan kode QR untuk dipindai pembeli (costumer) ketika melakukan transaksi.

Menurutnya, QRIS menyatukan semua model pembayaran sama halnya dengan ATM Bersama yang bisa digunakan semua kartu ATM dari berbagai bank.

“Dengan transaksi non tunai dengan aplikasi pembayaran apapun, cukup memindai satu kode QR. QRIS bertujuan, agar transaksi digital menjadi semakin mudah dan bisa diawasi regulator dari satu pintu. QRIS bisa digunakan di semua merchant, yang bekerja sama dengan penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR,” kata Soekowardojo, kemarin.

Soekowardojo menjelaskan, terdapat tiga perbankan pihak yang terlibat dalam transaksi berbasis kode QR. Yaitu PJSP, Lembaga Gerbang Pembayaran Nasional (LGPN) dan penyelenggara penunjang yang bekerja sama dengan penjual atau merchant aggregator.

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Budi Hartono menyatakan, pihaknya juga mendukung pembayaran non tunai melalui aplikasi OttoPay. Saat ini, OttoPay memiliki mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mitra dari OttoPay, jelas Budi, misalnya para pedagang di pasar tradisional, pemilik kantin dan pemilik warung maupun pelaku UMKM. OttoPay mendukung digitalisasi di pasar-pasar tradisional daerah, salah satunya di Pasar Bandarjo, Kabupaten Semarang.

“OttoPay mendukung sosialisasi transaksi digital di Pasar Bandarjo, yang menjadi solusi bagi pedagang dan pembeli untuk mulai berubah dalam bertransaksi. Cukup dengan memindai kode QR yang disediakan pedagang melalui smartphone pembeli, sehingga transaksi menjadi lebih efisien, aman dan nyaman,” ujar Budi.

OttoPay, lanjut Budi, juga melayani PPOB pembayaran tagihan listrik, air dan pembayaran BPJS hingga pembelian pulsa. Seluruh proses transaksi dari fitur-fitur yang ditawarkan kepada Mitra OttoPay, kini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan QRIS. (Bud)

Artikel sebelumnyaDengan MCS, Masyarakat Tak Perlu Repot Urus JKN-KIS ke Kantor BPJS Kesehatan
Artikel selanjutnyaMenuju Merdeka Berpikir dan Mengurai Masalah Mendasar Pendidikan Kita?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini