BPBD Jateng Imbau Warga Waspadai Hujan Deras Selama Dua Jam

Sudaryanto, Kalahar BPBD Jateng.
Sudaryanto, Kalahar BPBD Jateng.

Semarang, Idola 92.6 FM – Cuaca ektrem selama beberapa hari ke depan di awal tahun ini, harus diwaspadai terjadinya bencana alam banjir bandang atau tanah longsor. Terutama, daerah-daerah yang turun hujan dengan intensitas tinggi selama dua jam terus menerus.

Kalahar BPBD Jawa Tengah Sudaryanto mengatakan ada beberapa daerah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, menyebar dari Brebes hingga Kendal. Kemudian di wilayah selatan dan juga utara.

Sudaryanto meminta kepada masyarakat Jateng, untuk mewaspadai potensi terjadinya bencana alam berupa banjir atau tanah longsor. Termasuk, wilayah-wilayah yang langganan terjadi angin puting beliung.

Menurutnya, warga Jateng sudah paham dengan potensi kebencanaan yang ada di wilayahnya karena juga telah terbentuk desa tangguh bencana di seluruh provinsi ini.

“Kalau hujan berturut-turut selama dua jam dan deras, maka segeralah mencari tempat yang paling aman. Kan setiap desa ada yang namanya desa tangguh bencana, dan mereka sudah tahu jalan evakuasi mana dan titik kumpul di mana. Tapi, kita BPBD seluruh Jateng siap,” kata Sudaryanto, Senin (6/1).

Sudaryanto lebih lanjut menjelaskan, keberadaan desa tangguh bencana yang sudah terbentuk itu merupakan upaya edukasi dalam melakukan mitigasi bencana. Mulai dari pembuatan tempat berlindung, penyediaan logistik dan jalur evakuasi. (Bud)

Artikel sebelumnyaMewaspadai Cuaca Ekstrem dan Memitigasi Bencana Hidrometerologi
Artikel selanjutnyaKapal Nelayan Siap Jaga Wilayah Teritorial Natuna

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini