Cegah Banjir, Pemprov Minta Warga Jateng Ikut Rawat Bantaran Sungai

Bantaran sungai
Bantaran sungai yang melintas di wilayah Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang terlihat tidak terawat dengan baik.

Semarang, Idola 92.6 FM – Musim hujan mulai merata di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, dan beberapa wilayah juga mulai terjadi bencana. Mulai dari banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Khusus untuk bencana banjir, diperlukan juga partisipasi aktif dari warga selain dari pemerintah.

Kepala Dinas Pusdataru Jateng Eko Yunianto mengatakan ada banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat, dalam upaya menjaga dan mencegah banjir di bantaran sungai. Karena, biasanya di musim hujan tiba terjadi luapan air dari sungai akibat tidak mampu menampung debit air.

Eko menjelaskan, upaya yang bisa dilakukan masyarakat dengan merawat bantaran sungai dan tidak mendirikan bangunan di badan sungai. Sehingga, bisa mengganggu pergerakan air sungai ketika meluap.

Menurutnya, kalau setiap orang memberi perilaku baik terhadap Daerah Aliran Sungai (DAS) maka akan membawa dampak positif. Salah satu contoh sederhananya, dengan tidak membuang sampah ke sungai.

“Kita lakukan perawatan rutin, itu wajib. Nah, tentu kita sadar kita juga punya keterbatasan dari sumber daya yang ada. Baik SDM, dana dan sebagainya. Yang harus kita kembangkan ke depan adalah kolaborasi, seperti menjelang kongres sampah kita lakukan bersih-bersih sungai,” kata Eko baru-baru ini.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, pihaknya telah melakukan normalisasi sungai-sungai besar di provinsi ini. Mulai dari mengeruk sedimentasi, hingga melebarkan sungai yang menyempit badannya.

“Kalau pengerukan sedimentasi, sudah kita lakukan pada saat sebelum masuk musim hujan. Jadi, kita berupaya semaksimal mungkin ketika hujan dan sungai mampu menampung debit air,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaHujan Deras, Pemprov Minta Warga Sekitar Merapi Waspadai Guguran Lahar
Artikel selanjutnyaMeneropong Tantangan Bidang Hukum dan Pemberantasan Korupsi tahun 2020?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini