Pemerintah Cetak UPK Rp75 Ribu Sebanyak 75 Juta Lembar

Kepala KPw BI Jateng Soekowardojo (kanan)
Kepala KPw BI Jateng Soekowardojo (kanan) menyerahkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia kepada Gubernur Ganjar Pranowo, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bank Indonesia dalam memeringati HUT Ke-75 Republik Indonesia menerbitkan uang peringatan kemerdekaan nominal Rp75 ribu. Uang pecahan khusus itu bergambar Soekarno-hatta, dan sisi satunya siluet aneka ragam kebudayaan Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sambutan di sela peluncuran uang peringatan kemerdekaan mengatakan uang tersebut bukan uang kartal pada umumnya, dan tidak bisa disebut sebagai uang pecahan baru. Uang khusus itu sengaja diluncurkan, dalam rangka memeringati peristiwa tertentu.

Menkeu menjelaskan, meskipun juga bisa dikategorikan sebagai alat pembayaran yang sah tetap disarankan tidak dibelanjakan. Selain itu, uang tersebut juga bukan sebagai tambahan likuiditas pelaksanaan penukaran kegiatan ekonomi.

“Perencanaan serta penentuan jumlah Rupiah yang akan dicetak, khususnya untuk pengeluaran uang peringatan kemerdekaan atau UPK 75 tahun Republik Indonesia telah melalui koordinasi yang baik antara berbagai pihak. Misalnya Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian Sekretaris Negara dan para ahli waris pahlawan,” kata Sri Mulyani.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, masyarakat umum bisa mendapatkan uang peringatan kemerdekaan itu dengan memesan lewat aplikasi milik Bank Indonesia. Uang pecahan khusus yang diterbitkan Bank Indonesia menjadi peringatan 75 tahun Indonesia merdeka, dan juga bisa menjadi benda koleksi menarik di masa mendatang.

“Masyarakat bisa memiliki dengan masuk ke aplikasinya, tapi disarankan jangan dibelanjakan karena ini dicetaknya sangat terbatas sekali. Yang menarik uang yang diberikan kepada saya nomor serinya bagus, 457575,” ucap Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan uang peringatan kemerdekaan momentum peringatan 75 tahun Indonesia merdeka akan memberikan sejarah bagi masyarakat. Termasuk, uang tersebut juga bisa memberikan nilai bagi masyarakat untuk selalu bangga menjadi bagian dari Indonesia. (Bud)