Pemkot Semarang akan Bangun Empat Embung

Ilustrasi Embung

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemerintah Kota Semarang, tahun ini rencananya akan membangun empat embung. Keempat embung akan dibangun di Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang dan Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan.

- Advertisement -

Empat embung ini akan difungsikan untuk pemenuhan kebutuhan air masyarakat pada musim kemarau. Selain itu, juga untuk menahan limpahan air dari atas agar tidak terjadi banjir saat musim penghujan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Sih Rianung mengatakan, pembangunan embung di Meteseh seluas 2.500 meter persegi dan 5.000 meter persegi. Sedangkan, seluas hampir 1 hektar akan dibangun di Wates.

“Pembangunan kota yang semakin berkembang harus dibarengi dengan penampung air yang baik agar tidak terjadi banjir,” ujarnya. Pembangunan akan dilakukan pada pertengahan tahun 2020 dan ditargetnya bisa difungsikan pada 2021.

Rianung menjelaskan, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Penataan Ruangan (Distaru) Kota Semarang dan pemangku wilayah di masing masing daerah. Meliputi, camat dan lurah di masing-masing daerah.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman menyambut baik rencana pembangunan embung dan mengapresiasi kerja Pemkot Semarang. Sebab, saat ini pembangunan Kota Semarang sudah menunjukan kemajuan yang cukup signifikan.

“Pembangunan Kota yang sudah semakin maju, harus diimbangi dengan perbaikan infrastruktur, salah satunya menangani persoalan banjir,” tuturnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan, penanganan banjir di wilayah Semarang bagian bawah, sudah cukup membuahkan hasil. Namun, saat ini persoalan banjir justru merambah ke wilayah Semarang bagian atas. “Ini harus menjadi perhatian Pemkot Semarang,” tandasnya. (wid/her)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini