Pemprov Jateng Pantau Dua Komoditas Jelang Ramadan

Komoditi Bawang Putih
Komoditi Bawang Putih.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah memastikan, jika stok kebutuhan pangan masyarakat menjelang bulan Ramadan masih aman. Namun, ada dua komoditas yang masih dipantau ketersediaannya di pasaran.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan sejumlah komoditas yang dibutuhkan masyarakat di Jateng, secara umum masih mencukupi. Salah satunya komoditas beras, masih mencukupi hingga tujuh bulan ke depan.

Ganjar menjelaskan, yang saat ini menjadi perhatian adalah dua komoditas dan paling banyak dibutuhkan masyarakat di waktu Ramadan. Yakni gula pasir dan bawang putih.

Gubernur Jawa Tengah
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Menurutnya, kedua komoditas itu cukup fluktuatif karena memang stoknya terbatas.

“Yang kita kurang cuma dua komoditas, gula pasir dan bawang putih yang lain masih bisa terpenuhi. Jadi, Insya Allah menjelang Ramadan amanlah. Kalau harga, pasti akan fluktuatif ya. Misal gula pasir hari ini akan fluktuatif, dan mudah-mudahan gula bisa beredar yang kemarin impor. Untuk tebu rakyat bisa mulai giling, dan Insya Allah masuk Ramadan menurun. Sehingga, harga bisa terkendali,” kata Ganjar, Rabu (22/4).

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, pihaknya sudah meminta dinas terkait untuk memantau dan memastikan kedua komoditas tersebut tersedia di pasaran dengan stok yang cukup.

“Karena tahun ini cara menjalankan ini ibadah puasanya akan berbeda, maka saya perkirakan kebutuhannya juga tidak akan banyak. Mudah-mudahan, masyarakat bisa lebih khusus beribadah dan mengurangi konsumsi yang dibelanjakan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBulog Jateng Kirim APD di Tiga Rumah Sakit di Semarang
Artikel selanjutnyaTerdampak COVID-19, Pertamina Bantu Komunitas Difabel Untuk Bisa Mandiri