Pemprov Jateng Siap Gelar Rapid Test

Penumpang di Stasiun Tawang diukur suhu tubuhnya
Seorang calon penumpang di Stasiun Tawang diukur suhu tubuhnya.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dua wilayah di Jawa Tengah akan menjadi daerah prioritas, dalam pelaksanaan rapid test. Karena, kedua daerah itu sudah masuk dalam zona pemetaan persebaran virus Korona.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan setidaknya setelah wilayah DKI Jakarta, maka untuk Jateng adalah Kota Semarang dan Surakarta. Karena, kedua daerah itu masuk di zona persebaran virus Korona.

Ganjar menjelaskan, pemprov melalui Dinas Kesehatan provinsi hingga kabupaten/kota siap melakukan rapid test. Bahkan, laboratorium kesehatan yang ada di Jateng juga telah mampu untuk melakukan dukungan pemeriksaan.

Menurutnya, yang saat ini sedang disiapkan adalah jumlah tenaga medis untuk melakukan rapid test itu.

“Kita Insya Allah sudah siap, mungkin tinggal bagaimana mendistribusikan. Saya sih berharap, kalau alat ini datang minggu depan kita bisa proposional dari jumlah indikasi yang daerah-daerah dalam pengawasan. Selain itu, juga pasien yang dalam pengawasan maupun orang dalam pemantauan menjadi prioritas. Kita akan menyiapkan pasukan tenaga medisnya, dan Insya Allah kita siap,” kata Ganjar, Jumat (20/3).

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, pihaknya akan mengikuti protokol dari pemerintah pusat terkait dengan pelaksanaan rapid test itu.

Sementara, pemerintah pusat mulai hari ini melakukan rapid test masal untuk virus Korona. Pemerintah memprioritaskan wilayah yang menurut hasil pemetaan, menunjukkan indikasi rawan terinfeksi virus Korona.

Tes akan dilakukan dari rumah ke rumah, dan salah satu wilayah prioritas di Tanah Air adalah DKI Jakarta. Selain itu, rapid test akan mengikuti hasil tracking yang sudah dilakukan Kementerian Kesehatan sebelumnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGubernur Imbau Seluruh Pejabat di Jateng Tes Kesehatan
Artikel selanjutnyaBPJAMSOSTEK Ikut Cegah Korona Dengan Aktifkan Protokol Lapak Asik

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini