Pemprov Jateng Siap Terima Bantuan Dari Masyarakat

Bantuan APD dari pemerintah pusat
Gubernur Ganjar Pranowo menunjukkan bantuan dari pemerintah yang ditampung di Wisma Perdamaian sebelum didistribusikan ke rumah sakit di Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah membuka diri, bagi masyarakat atau elemen lainnya yang akan menyumbang untuk penanganan penyebaran virus Korona. Bantuan yang siap diterima pemprov, lebih diutamakan alat pelindung diri (APD) berupa masker ataupun cairan pembersih tangan (hand sanitizer).

- Advertisement -

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan pemprov sebelumnya sudah menerima bantuan 10 ribu APD berbentuk coverall, dan sudah diserahkan ke-61 rumah sakit di provinsi ini. APD berbentuk pakaian mirip astronot itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat, dan dibagikan rumah sakit yang saat ini sedang menangani pasien terinfeksi virus Korona.

Ganjar menjelaskan, seluruh bantuan APD dari pemerintah pusat itu merupakan hasil pembelian dari Tiongkok. Pembagiannya dibantu anggota Kodam IV/Diponegoro, dan setiap rumah sakit sudah mengambil di gudang logistik di Wisma Perdamaian.

Menurutnya, pembagian APD itu sesuai pendataan terakhir dan dicocokkan dengan kebutuhan dan kapasitasnya.

“Kemungkinan bantuan dari masyarakat. Bantuan dari masyarakat itu nanti kita bisa drop ke rumah sakit, tapi juga bisa kita kembalikan ke masyarakat yang membutuhkan. Umpamanya hand sanitizer, masker dan vitamin gitu ya itu akan kita distribusikan ke yang membutuhkan. Kalau mau nyumbang boleh, bisa lewat Dinas Kesehatan atau Satgas Gugus Tugas. Gampangnya, ke kantor Dinkes atau ke kantor pemprov saja,” kata Ganjar, kemarin.

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, bantuan dari pemerintah yang lain akan segera menyusul di pekan ini. Yakni pembagian rapid test, alat pemeriksaan cepat prioritas untuk orang dalam pemantauan (ODP).

“Khusus rapid test, informasi yang saya dengar sudah dikirim. Tinggal nanti kalau sudah sampai, segera kita bagi sesuai dengan strategi sebelumnya,” pungkasnya. (Bud)

Info Virus Corona Jateng

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini