Polda Jateng Tracking Anggota Yang Testing COVID-19 Reaktif

Personel Polrestabes Semarang menjalani tes swab
Sejumlah personel Polrestabes Semarang menjalani tes swab antigen di lapangan belakang, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah melakukan testing kepada seluruh anggota yang melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada 2020, dan hasilnya ditemukan ada indikasi terpapar COVID-19. Berdasarkan hasil itu, Polda Jateng melakukan tracking kepada keluarga anggota dan rekan kerja lainnya.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan ada 14.500an anggota Polri, yang harus menjalani tes bebas COVID-19 sebelum melaksanakan kegiatan pengamanan TPS Pilkada Serentak 2020. Guna menjamin kebersihan anggota, Polda Jateng menggelar tes swab antigen kepada jajaran kepolisian yang daerahnnya mengadakan pilkada.

Iskandar menjelaskan, saat ini masih 4.500an anggota Polri yang dilakukan tes swab antigen dan 30 orang di antaranya dinyatakan terpapar COVID-19. Dari 30 personel yang dinyatakan positif COVID-19 itu, paling banyak berasal dari Polrestabes Semarang.

Menurutnya, dari ke-30 personel yang dinyatakan positif COVID-19 itu saat ini mulai menjalani isolasi dan perawatan.

“Dan hasilnya hari ini setelah kita lakukan testing, kita temukan ada 30 personel yang hasilnya reaktif. Langkah setelah kita melakukan testing, kita tracking terhadap anggota tersebut dan juga kita lakukan treatment. Kita juga lakukan isolasi terhadap anggota tersebut,” kata Iskandar, kemarin.

Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Kabid Humas Polda Jateng:

Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, anggota yang menjalani isolasi dan perawatan itu diharapkan sudah bisa sehat kembali sebelum melakukan pengamanan TPS pilkada. Namun, apabila masih dinyatakan positif COVID-19 akan ada penggantian personel.

Sementara Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis menambahkan, pihaknya akan memantau perkembangan kesehatan dari anggota yang menjalani isolasi dan perawatan. Sehingga, proses penyembuhan bisa berjalan dengan baik.

Menurut kapolrestabes, untuk pengamanan TPS pilkada di Kota Semarang sudah ada peta kerawanan yang dibuat.

“Kita sudah ada tipe-tipe TPS yang rawan sedang, dan sangat rawan. Itu sudah ada personel yang kita terjunkan di sana. Kita ada 3.447 TPS di Kota Semarang,” ujar kapolrestabes.

Kapolrestabes lebih lanjut menjelaskan, jajarannya siap mengamankan pelaksanaan pilkada Kota Semarang tetap aman dan kondusif. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini