Tiga Mahasiswa UB Malang Berinovasi Temukan Penghemat BBM dari Minyak Sereh Wangi

Rohmah Milenia
Rohmah Milenia (Eli), mahasiswi Fakultas Teknik Kimia Universitas Brawijaya, Malang. (Foto: Dok Eli)

Semarang, Idola 92.6 FM – Tiga Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang yang terdiri dari Rohmah Milenia, Livya Safira Islam, dan Muhammad Ihsa baru-baru ini menemukan penghemat BBM dari bahan alami yakni minyak sereh wangi.

Minyak sereh wangi hasil penelitian memiliki atau mendekati karakteristik bahan bakar minyak. Ketiga mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik tersebut melakukan riset tentang keefektifan penambahan minyak atsiri sereh wangi sebagai bioaditif BBM.

Rohmah Milenia and Friends
Tiga Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Rohmah Milenia, Livya Safira Islam dan Muhammad Ihsa. (Foto: Dok Eli)

Minyak sereh wangi berpotensi menjadi zat aditif untuk bahan bakar minyak terutama RON 90 (Pertalite) dan RON 88 (Premium). Sereh wangi ini dapat berfungsi sebagai penyuplai oksigen (oksigenat) untuk pertalite dan premium. Menurut salah satu anggota tim, Rohmah Milenia, kandungan oksigen itu dapat memaksimalkan proses pembakaran pada mesin. Jika proses pembakaran terjadi optimal dan efisien maka konsumsi bahan bakar akan menurun.

Selengkapnya mengenai temuan tiga mahasiswa Universitas Brawijaya Malang perihal minyak sereh wangi yang bisa menjadi penghemat BBM, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Rohmah Milenia, salah satu tim peneliti mahasiswa UB Malang. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaKonsumsi BBM Saat Libur Panjang Naik 300 Persen
Artikel selanjutnyaBagaimana Meningkatkan Inklusi Keuangan untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini