11 Daerah di Jateng Capaian Vaksinasi Sudah di Atas 70 Persen

Yulianto Prabowo
Yulianto Prabowo, Kepala Dinkes Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Kesehatan Jawa Tengah mencatat, ada 11 kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya sudah di atas 70 persen. Sedangkan yang lainnya, baru mencapai di angka sekira 50 persen cakupan vaksinasinya.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan ada 11 kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya sudah di atas 70 persen, dan kebanyakan adalah wilayah perkotaan. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernur, kemarin.

Yulianto menjelaskan ke-11 daerah yang sudah di atas 70 persen capaian vaksinasinya adalah Kota Surakarta, Kota Tegal, Kota Salatiga, Kota Semarang dan Kota Magelang. Kemudian disusul Kabupaten Klaten, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Boyolali dan Sragen.

Menurutnya, ada juga daerah yang capaian vaksinasinya hampir mendekati angka 70 persen adalah Kabupaten Semarang dan Demak serta Kendal. Sedangkan daerah dengan capaian di bawah 30 persen, saat ini sudah tidak ada.

“Capaian vaksinasi se-Jateng 56 persen, untuk yang dosis satu. Dosis keduanya sekitar 30an persen. Ya 16 jutaan lebih orang. Jadi, orang yang sudah disuntik itu 16.200.000 orang. Untuk dosis ketiga bagi nakes yang jumlahnya 177 ribu itu, sudah semuanya,” kata Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, untuk daerah-daerah yang capaian vaksinasinya baru mencapai 50 persen terus didorong untuk melakukan percepatan karena saat ini kuota vaksin sudah tersedia. Strategi percepatan vaksinasinya, dengan mengubah sentra vaksinasi di satu titik menjadi berbasis desa atau kelurahan secara simultan hingga mendatangi rumah-rumah warga.

“Yang masih 50 persen itu ada Batang, Brebes, Wonosobo dan Pemalang. Kalau daerah-daerah itu kekurangan tenaga vaksinator, silakan meminta bantuan pemprov, nanti kami akan bantu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJNE dan Pegadaian Perluas Akses Layanan
Artikel selanjutnyaMemutus Mata Rantai Kekerasan di Lingkungan Pendidikan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini