Baznas Jateng Bagikan Alat Pengolah Sampah ke Ponpes

Baznas
Gubernur Ganjar Pranowo dan Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji saat melihat bantuan alat pengolah sampah untuk pondok pesantren.

Semarang, Idola 92,6 FM – Baznas Jawa Tengah membagikan alat pengolah sampah, kepada sejumlah pondok pesantren di Jateng. Alat pengolah sampah yang diberikan itu, juga bisa mengolah pakan ternak.

Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji mengatakan bantuan mesin pengolah sampah itu diberikan kepada santri-santri pondok pesantren, agar bisa dimanfaatkan untuk mengolah sampah dan menjadi lebih bermanfaat. Pernyataan itu dikatakan di sela penyerahan bantuan alat pengolah sampah kepada perwakilan pondok pesantren, kemarin.

Darodji menjelaskan, ada 16 pondok pesantren yang mendapat bantuan alat pengolah sampah dari Baznas Jateng. Beberapa pondok pesantren itu di antaranya adalah Ponpes Sirojul Mukhlasin I di Kabupaten Magelang, Ponpes Al Hikmah 2 Brebes dan Ponpes APIK Kendal serta Ponpes Al Itqon Kota Semarang.

Menurutnya, alat pengolah sampah bisa menjadi solusi mengatasi persoalan sampah di pondok pesantren.

“Dengan pelatihan ini, nanti mereka membuat sampah yang ada menjadi pakan hewan dan bisa menjadi pupuk organik. Diharapkan juga mengurangi sampah yang ada di pondok pesantren. Bahkan, bisa menghasilkan pupuk organik dengan lebih produktif,” kata Darodji.

Sementara itu salah satu perwakilan dari Ponpes Al Hikmah 2 Brebes, Imaduddin mengaku senang menerima bantuan alat pengolah sampah. Sebab, alat tersebut memang dibutuhkan di pondok.

Menurutnya, sampah menjadi persoalan tersendiri di lingkungan pondok.

“Kami mewakili pondok pesantren mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. Mudah-mudahan ini bermanfaat, karena di pondok salah satu masalahnya adalah sampah,” ucap Imaduddin. (Bud)

Artikel sebelumnyaPresiden RI Beri Tabungan Pendidikan Untuk Ghifari
Artikel selanjutnyaBagaimana Menguatkan Daya Juang dan Kebersamaan untuk Mengatasi Pandemi?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini