BI Terus Upayakan Pelaku UMKM Naik Kelas

Salah satu pelaku UMKM makanan
Salah satu pelaku UMKM makanan mengikuti Karya Kreatif Indonesia 2021 sesi pertama yang diadakan di Kantor Bank Jateng Semarang, Rabu (3/3).

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah terus melakukan pendampingan dan peningkatan kualitas produk UMKM, agar barang yang dihasilkan semakin diminati pasar dalam maupun luar negeri. Salah satunya melalui kegiatan Karya Kreatif Indonesia 2021 seri pertama guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dilakukan di Kantor Bank Jateng Semarang, Rabu (3/3).

Kepala KPw BI Jateng Pribadi Santoso mengatakan kegiatan Karya Kreatif Indonesia 2021 seri pertama ini, diperuntukkan bagi peningkatan kapasitas dan akses pasar para pelaku UMKM di provinsi ini. Sehingga, mampu memberikan dan memompa semangat pelaku UMKM memasarkan produknya dan semakin dikenal masyarakat domestik maupun mancanegara.

Pribadi menjelaskan, kegiatan Karya Kreatif Indonesia 2021 ini menjadi media dalam mendorong bangkitnya aktivitas perekonomian Tanah Air. Sebab, mengajak semua pihak untuk berbelanja produk hasil karya pelaku UMKM Jateng.

Menurutnya, kegiatan Karya Kreatif Indonesia 2021 ini menjadi momentum yang baik untuk para pelaku UMKM di masa pandemi karena terdampak cukup dalam.

“Pemasaran domestik ini kendalanya adalah daya belinya lagi lemah. Karena daya belinya lemah, maka ASN dan belanja pegawai diarahkan untuk membeli produk UMKM. Jadi uangnya enggak lari ke mana-mana tapi lari ke UMKM supaya mereka bisa tetap survive dan meningkatkan usahanya,” kata Pribadi.

Lebih lanjut Pribadi menjelaskan, kegiatan Karya Kreatif Indonesia juga akan digelar di wilayah Jateng pada Mei 2021 mendatang. Rencananya, akan dipusatkan di kawasan Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

“Nantinya juga akan melibatkan pasar di luar negeri, untuk mendorong akses pasar bagi UMKM. Oleh karena itu, kita terus meningkatkan keterampilan mereka tentang bagaimana upaya menembus pasar luar negeri dan mengemas produknya agar lebih menarik lagi,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSatpol PP Jateng Catat 1.764 Pelanggaran Selama PPKM Mikro
Artikel selanjutnyaPolrestabes Semarang Permudah Pengajuan SIM Bagi Difabel

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini