Dukung Geliat Ekonomi Pariwisata di Balkondes Ngadiharjo, PLN Sumbang Sepeda Listrik

Sepeda listrik
Dirut PLN Zulkifli Zaini (depan) bersama pejabat PLN lainnya menjajal sepeda listrik untuk berkeliling di kawasan Balkondes Ngadiharjo.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dalam upaya mendukung dan mendorong geliat ekonomi pariwisata di Balkondes Ngadiharjo di Kabupaten Magelang, PLN memberikan bantuan 10 unit sepeda listrik. Bantuan diberikan langsung Dirut PLN Zulkifli Zaini di sela kunjungan kerja di Kawasan Candi Borobudur, Sabtu, (13/10) kemarin.

Dirut PLN Zulkifli Zaini mengatakan keberadaan Balkondes Ngadiharjo yang ada di Kawasan Candi Borobudur, memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya geliat ekonomi kemasyarakatan saja, tetapi juga berdampak pada geliat pariwisata.

Zulkifli menjelaskan, pihaknya mencoba membantu masyarakat dalam mendukung geliat ekonomi kreatif, karena Balkondes Ngadiharjo merupakan tempat wisata binaan PLN Peduli yang berada di dekat Candi Borobudur.

Menurutnya, keberhasilan balkondes terbukti memberikan manfaat keberlanjutan bagi perekonomian yang dirasakan penduduk sekitar.

“Pada hari ini, kami menyerahkan 10 sepeda listrik kepada Balkondes Ngadiharjo. Mudah mudahan, menjadi penambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke balkondes ini. Saya sangat mengapresiasi, bahwa Balkondes PLN ini dioperasikan dengan baik. Saya juga memberikan terima kasih kepada pengurus, yang sudah melaksanakan dan menjalankan balkondes ini dengan sebaik-baiknya,”kata Zulkifli.

Lebih lanjut Zulkifli berharap, bantuan sepeda listrik di Balkondes Ngadiharjo ini bisa memberikan nilai tambah dan pengurus berinovasi untuk mengembangkan potensi wisatanya.

Sementara itu salah satu pengurus Balkondes Ngadiharjo Ahmad Syaiful Huda menambahkan, bantuan sepeda listrik akan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurut Syaiful, sepeda listrik bisa digunakan untuk berkeliling menikmati pesona alam Balkondes Ngadiharjo berupa perbukitan Menoreh dan mengunjungi kuliner mi entog dan kopi kapulaga.

“Alhamdulillah, dengan adanya program PLN Peduli, Desa Ngadiharjo memiliki bangunan yang bisa membantu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat sekitarnya. Kehadiran Balkondes telah mendorong geliat perekonomian Desa Ngadiharjo semakin baik, dari awalnya sebuah desa yang tidak diperhatikan kini bisa menjadi sebuah desa lebih maju,” ujar Syaiful.

Syaiful menjelaskan, Balkondes Ngadiharjo menyediakan beberapa fasilitas homestay yang setara dengan pelayanan hotel bintang empat dan camping ground serta panggung pertunjukan. Bahkan, jika akan berkeliling lebih jauh di Balkondes Ngadiharjo disediakan safari mobil VW dan sunrise dari puncak Pereng Dhuwet. (Bud)