Jateng Kirim Relawan dan Logistik ke Lumajang

Taj Yasin
Wagub Taj Yasin saat berdialog dengan relawan PMI Jateng yang akan dikirim ke Lumajang, Senin (6/12).

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah mengirimkan bantuan logistik dan relawan ke wilayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Senin (6/12). Puluhan relawan itu akan membantu melakukan evakuasi, terhadap korban erupsi Gunung Semeru.

Wagub Taj Yasin Maimoen mengatakan pemprov telah berkoordinasi dengan BPBD Jatim dan BPBD Lumajang, berkaitan dengan pengiriman logistik dan relawan ke daerah bencana di Lumajang. Total logistik yang dikirimkan sebilai Rp933 juta, dan jumlah relawan ada 50 orang dari sejumlah elemen.

Gus Yasin menjelaskan, pengiriman logistik dan relawan itu merupakan hasil koordinasi yang sudah dilakukan dengan BPBD Jatim maupun BPBD Lumajang. Terutama, bantuan yang siap disalurkan kepada masyarakat terdampak erupsi Semeru.

“Kita koordinasi dengan BPBD kabupaten sana dan Provinsi Jawa Timur, apa saja yang dibutuhkan. Nanti kita bantu semuanya. Dan saat ini kita berdoa saja, paling enggak setiap habis salat kita membaca qunut,” kata Gus Yasin.

Sementara itu Pelaksana tugas Kalahar BPBD Jateng Syafrudin menambahkan, bantuan logistik dan juga relawan yang dikirimkan telah sesuai permintaan dari BPBD Lumajang. Sedangkan relawan yang dikirimkan, telah melalui seleksi sesuai spesifikasi relawan sesuai kebutuhan.

Menurutnya, relawan yang dikirimkan itu memiliki keahlian beragam sesuai daerah kebencanaan. Mulai dari dapur umum, kesehatan hingga pembuatan hunian sementara.

“Logistiknya macam-macam, ada sembako dan pakaian bayi sama alat ibadah. Kebutuhan perempuan dan kebutuhan bayi, terus juga ada sayuran dari PMI. Rencana para relawan sampai tanggal 12 Desember, nanti kita lihat sikon selanjutnya. Jadi nanti terkait dengan distribusi relawan, kita ada desk relawan di sana (Lumajang). Yang perlu disupport di mana, tergantung dari posko desk relawan di Lumajang,” ujar Syafrudin.

Lebih lanjut Syafrudin juga telah meminta kepada relawan, untuk mencatat kebutuhan korban erupsi Semeru yang mendesak. Sehingga, pemprov akan segera mengirimkan bantuan sesuai kebutuhan. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenteri BUMN: Dirut PLN Yang Baru Harus Terus Tingkatkan Layanan ke Masyarakat
Artikel selanjutnyaRealisasi Penerimaan Pajak Jateng I Tumbuh Dua Persen

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini