Kader Dawis Jadi Relawan Nakes

Dua kader Dawis
Dua kader Dawis menggunakan APD saat melakukan pemantauan ke rumah warga.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kades Karangnangka di Kabupaten Banyumas menjadikan kader Dasa Wisma (Dawis), menjadi relawan tenaga kesehatan untuk memantau perkembangan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar COVID-19. Sebelumnya, kader Dawis itu sudah mendapat pelatihan dari puskesmas setempat.

Kades Karangnangka Sunarto mengatakan pihaknya sengaja menjadikan kader Dawis sebagai relawan tenaga kesehatan dadakan, untuk mengecek kesehatan warga yang terpapar COVID-19. Hal itu dikatakannya saat menyambut kedatangan Gubernur Ganjar Pranowo ke desanya, belum lama ini.

Menurut Sunarto, apabila mengandalkan tenaga bidan desa tidak memungkinkan karena keterbatasan tenaga dan tidak ada waktu untuk beristirahat. Oleh karena itu, lewat puskesmas setempat para kader Dawis itu diajari menjadi relawan tenaga kesehatan.

Sunarto menjelaskan, dalam menjalankan tugasnya itu kader Dawis dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) lengkap. Tujuannya, agar tidak terpapar virus Korona.

“Ibu-ibu dawis kan dia adalah yang langsung terjun ke masyarakat. Kalau RT skupnya masih luas, dan di bawah RT ada dawis. Dawis itu kan dasa wisma, artinya setiap 10 rumah itu ada satu dawis. Sehingga, semua dawis kita optimalkan diajari bagaimana agar dia peduli pada sekitarnya. Tetapi dia sendiri sehat dan aman,” kata Sunarto.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo memberi apresiasi kepada para kader Dawis, karena mampu menjalankan tugas dengan baik meskipun bukan bidangnya masing-masing.

Menurutnya, kebijakan yang diambil di Desa Karangnangka memang patut diapresiasi dan bisa dijadikan contoh. Sebab, kebijakan tersebut merupakan cerminan dari kekuatan masyarakat melalui program Jogo Tonggo.

“Dan yang menarik nakesnya ini adalah nakes dadakan. Jadi ini dari dasa wisma. Maka kalau kemudian menerapkan konsep Jogo Tonggo berbasis kekuatan masyarakat dan komunitas, ada dasa wisma. Dan dasa wismanya ini dilatih,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar berharap, para kader Dawis di Desa Karangnangka tetap bisa melanjutkan tugasnya dengan baik. (Bud)

Artikel sebelumnyaMembaca Orientasi Narasi Puan
Artikel selanjutnyaDinkes Genjot Vaksinasi Bagi Lansia di Jateng

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini