Korupsi yang Sistemik, Bagaimana Mengatasinya?

Koruptor ilustrasi
ilustrasi/newsportal365

Semarang, Idola 92.6 FM – Hasil Survei Penilaian Integritas atau SPI 2021 yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan berbagai risiko , modis, dan celah korupsi di lingkungan instansi pemerintah, baik kementerian/ lembaga maupun pemerintah daerah masih terus terjadi.

Bentuknya, mulai dari penyalahgunaan fasilitas kantor, penyimpangan pengadaan barang jasa, korupsi dalam promosi atau mutasi sumber daya manusia (SDM), suap/ gratifikasi, hingga intervensi atasan. Untuk korupsi pengadaan barang jasa tercatat masih terjadi 100 persen instansi yang disurvei. Adapun korupsi dalam promosi dan mutasi SDM atau memberikan uang untuk mendapatkan jabatan tertentu juga masih terjadi di 99 persen instansi.

Suap
ilustrasi/detik

Lantas, korupsi yang sistemik, bagaimana mengatasinya? Berbagai upaya pencegahan korupsi yang dilakukan/ kenapa masih belum efektif?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaPemangkasan Stimulus Ekonomi, Seberapa Luas Dampaknya?
Artikel selanjutnyaDukung Zero Waste, Mahasiswa ITS Surabaya Manfaatkan Plastik Multilayer untuk Daur Ulang Sampah

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini