Dukung Zero Waste, Mahasiswa ITS Surabaya Manfaatkan Plastik Multilayer untuk Daur Ulang Sampah

Tim mahasiswa ITS
Tim mahasiswa ITS saat mengikuti kompetisi International Invention & Innovation (I3c) di Malaysia secara daring. (Sumber Humas ITS)

Surabaya, Idola 92.6 FM – Dukung Zero Waste, Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Manfaatkan Plastik Multilayer dan berhasil meraih medali emas kategori Environment dalam ajang International Invention & Innovation Competition (I3c) di Malaysia, beberapa waktu lalu.

Tim tersebut beranggotakan Farich Al-Machmudi, Shofiyah Nada, Safana Zahra Harmaini, Ina Nurfia, dan Akila K dari Departemen Kimia ITS Surabaya.

Latar belakang diangkatnya penelitian ini adalah karena tingginya angka limbah plastik di dunia, khususnya plastik jenis multilayer.

Plastik Multilayer
Ilustrasi plastik multilayer dari limbah kemasan plastik yang banyak ditemui di masyarakat (Sumber dari Google/Humas ITS)

Plastik multilayer terbentuk lebih dari satu jenis polimer. Hal ini menjadikan tingkat daur ulang dan nilai limbah pascakonsumsi yang rendah dibandingkan dengan jenis limbah lainnya. Menariknya, dalam penelitian ini tim berupaya memecah layer tersebut sehingga berpotensi untuk dimanfaatkan lebih lanjut.

Selengkapnya, mengenal inovasi tim mahasiswa ITS Surabaya yang memanfaatkan Plastik Multilayer dan berhasil meraih medali emas kategori Environment dalam ajang I3c di Malaysia, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Farich Al-Machmudi, salah satu anggota tim mahasiswa ITS Surabaya. (yes/ her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaKorupsi yang Sistemik, Bagaimana Mengatasinya?
Artikel selanjutnyaKapolda Pastikan Tidak Ada Potensi Konflik Gangguan Keamanan Saat Tahun Baru

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini