Mengenal Inovasi Platform Mecca Mate karya Tim Mahasiswa ITS Surabaya

Tim Mecca Mate ITS Surabaya
Tim Mecca Mate ITS Surabaya. (Dari kiri) Rizal Risnanda Hutama, S.Kom., M.Kom. , Ir. Achmad Holil Noor Ali, M.Kom bersama Hanny, Fathia Rahmanisa, Luthfi Hakim Irawan, dan Kahfin Ilham.(Foto: Luthfi)

Surabaya, Idola 92.6 FM – Tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya baru-baru ini berinovasi membuat platform Mecca Mate. Platform ini disebut sebagai asisten pendamping haji dan umrah bagi Jemaah. Atas inovasi tersebut, tim berhasil meraih penghargaan juara II kategori Masyarakat pada perlombaan Inovboyo 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya sebagai rangkaian peringatan HUT Kota Surabaya, belum lama ini.

Tim terdiri atas Luthfi Hakim Irawan (Ketua tim), Fathia Rahmanisa, Hanny, dan Kahfin Ilham. Mereka sama-sama berasal dari Departemen Sistem Informasi ITS angkatan 2021. Mereka berinisiatif membuat platform yang dapat menjawab kebingungan jemaah haji atau umroh tersebut. Mecca Mate merupakan platform yang berbentuk chatbot–sebuah program komputer berbasis artificial intelligence (AI) yang memungkinkan untuk melakukan percakapan dua arah.

Kepada radio Idola, Luthfi menuturkan dalam platform ini ada panduan runtut dalam beribadah dan panduan ke tempat-tempat lainnya, selama menjalankan ibadah haji ataupun umroh. Saat ini, Mecca Mate sedang proses persiapan launching.

Hanny (kiri) dan Fathia Rahmanisa
Hanny (kiri) dan Fathia Rahmanisa saat menunjukkan tampilan dari platform Mecca Mate rancangan timnya dari Departemen Sistem Informasi ITS Surabaya.(Foto: Humas ITS)

“Lagi tahap persiapan (launching, red) di play store. Perlu adanya video, foto, data-data yang dimasukkan ke google play store,”tutur Luthfi kepada radio Idola, pagi (28/05) tadi.

Lutfhi menambahkan untuk menyempurnakan Mecca Mate, tim juga melibatkan dua orang pembimbing yakni Rizal Risnanda Hutama, S.Kom., M.Kom. dan Ir. Achmad Holil Noor Ali, M.Kom.

Lalu apakah nantinya pengguna platform Mecca Mate dikenai biaya, atau gratis?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Luthfi Hakim Irawan, ketua tim Inovasi Platform Mecca Mate dan Mahasiswa ITS Surabaya. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: