Mengenal Inovasi Mobil Balap Ramah Lingkungan & Hemat Energi karya Tim Mahasiswa ITS Surabaya

Tim Sapuangin ITS Surabaya
Tim Sapuangin ITS Surabaya saat memenangkan perlombaan tahun lalu.(Foto: Raihan)

Surabaya, Idola 92.6 FM – Tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya Jawa Timur, kembali berinovasi membuat mobil balap ramah lingkungan dan hemat energi. Mobil tersebut diberi nama Sapuangin XI Evo 3.

Menurut General Manager Tim Sapuangin ITS Surabaya, Raihan Naufal Hafizh, tim ini dibentuk sejak tahun 2009. Setahun berikutnya, pada 2010, Tim Sapuangin ITS sudah berinovasi membuat mobil dan ikut lomba.

“Mulai dari awal berdiri 2009 sampai sekarang ada 11 mobil. Itungan ada tiap tahun ke tahun, selalu berinovasi dan berkembang,”tutur Raihan yang juga mahasiswa Departemen Teknik Mesin ITS kepada radio Idola, pagi (26/06) tadi.

Mobil Sapuangin XI Evo 3
Mobil Sapuangin XI Evo 3 karya tim ITS Surabaya, siap berlaga dalam Shell Eco Marathon Asia Pasific and Middle East 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Lombok NTB, pada 2-6 Juli 2024.(Foto; Humas ITS)

Raihan menyampaikan, pada kejuaraan-kejuaraan sebelumnya, tim ITS selalu naik podium. Baik juara 1, 2, atau 3.

Menurut Raihan, Mobil Sapuangin XI Evo 3, siap berlaga dalam Shell Eco Marathon (SEM) Asia Pacific and Middle East 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 2–6 Juli mendatang. Mobil dengan ukuran panjang 2,8 meter, lebar 1,3 meter, dan tinggi 1,1 meter itu, didesain irit bahan bakar dan bisa melaju dengan kencang.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama General Manager Tim Sapuangin ITS yang juga Mahasiswa Departemen Teknik Mesin ITS, Raihan Naufal Hafizh.(yes/her)

Simak podcast wawancaranya: