Kapolda Pastikan Tidak Ada Potensi Konflik Gangguan Keamanan Saat Tahun Baru

Irjen Pol Ahmad Luthfi
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah bersama Kodam IV/Diponegoro telah menyebar belasan ribu personel, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pergantian tahun. Termasuk, mengantisipasi adanya gangguan terorisme atau potensi konflik di tengah masyarakat.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan Polda Jateng menyebar 15.900 personel ditambah bantuan dari Kodam IV/Diponegoro sebanyak 1.300 personel, untuk memberikan pengamanan kepada masyarakat yang menjalankan ibadah Natal maupun perayaan pergantian tahun. Pernyataan itu dikatakannya saat berada di Pos Pelayanan Terpadu Pejagan Brebes, kemarin.

Menurut kapolda, belasan ribu personel itu selain disebar di 279 pos pengamanan juga bersiaga di pos masing-masing maupun tempat-tempat strategis lainnya. Termasuk, siaga di markas masing-masing.

Kapolda menjelaskan, personel TNI/Polri akan bersiaga dan sigap mengamankan para pelaku yang berniat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang malam pergantian tahun. Termasuk, mengamankan di obyek vital atau pusat keramaian masyarakat lainnya.

“Terkait dengan hakikat ancaman terorisme dan lain sebagainya, kita sudah siagakan ikatan regu dan peleton dalam upaya mengantisipasi potensi-potensi konflik yang barang kali akan mengganggu kegiatan-kegiatan kepolisian yang kita lakukan. Ini semua kita lakukan, dalam rangka memberikan jaminan kemanan dan ketertiban kepada masyarakat kita yang melaksanakan kegiatan Natal dan Tahun Baru,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, pihaknya juga mengantisipasi tindak kejahatan menjelang atau saat malam pergantian tahun. Bahkan, saat menjelang Natal 2021 kemarin jajarannya telah menangani sejumlah kasus kejahatan yang menonjol.

“Polisi akan bertindak tegas dan terukur, terhadap semua pelaku kejahatan yang meresahkan masyarakat. Apalagi, sampai mengganggu ketertiban dan kemanan masyarakat,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDukung Zero Waste, Mahasiswa ITS Surabaya Manfaatkan Plastik Multilayer untuk Daur Ulang Sampah
Artikel selanjutnyaPonpes Askhabul Kahfi Raih Penghargaan “Top Islamic Education 2021-2022”
Wartawan senior Radio Idola Semarang.