Mengenal Antivirus Covid-19 Berbahan Jamur Endofit pada Tanaman Mangrove karya Tim Mahasiswa UGM

Tim UGM
Dari kiri ke kanan: Rahmahwati Amaliah, Riyas Nur Rohimi, Kartika Puspita Dewi, dan I. Sabila Elvani. (Photo dok Rahmah)

Semarang, Idola 92.6 FM – Tim Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meneliti potensi jamur Endofit pada tanaman Mangrove untuk antivirus Covid-19. Tim terdiri dari Rahmahwati Amaliah, Kartika Puspita Dewi, I. Sabila Elvani (Jurusan Biologi) dan Riyas Nur Rohimi (Jurusan Farmasi).

Penelitian ini berangkat dari permasalahan pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 yang saat ini masih menjadi ancaman bagi masyarakat Indonesia dan dunia.

Rahmahwati kepada radio Idola pagi (28/09) tadi menuturkan penelitian ini dilakukan melalui beberapa proses, meliputi pengkulturan isolat jamur endofit hingga analisis uji in silico terhadap tiga protein target. Ia berharap penelitian yang dilakukan bersama tim, tidak hanya dapat berkontribusi memperkaya literasi untuk membantu pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19, tapi juga mendukung pelestarian tanaman mangrove yang statusnya merupakan tanaman konservasi.

Selengkapnya, mengenal antivirus Covid-19 berbahan jamur Endofit pada tanaman mangrove hasil penelitian tim mahasiswa UGM, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Rahmahwati Amaliah, salah satu tim mahasiswa UGM Yogyakarta. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaSatgas Covid-19 Ingatkan Sekolah agar Gelar Simulasi Sebelum Lakukan PTM
Artikel selanjutnyaPatra Semarang Serahkan Bantuan ke Roemah Difabel

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini