Mengenal Farida Lucky Utami, Sosok Peduli ABK dari Karawang

Farida Lucky Utami
Farida Lucky Utami, pendiri Amanda Learning Center, Karawang, Jawa Barat. (photo dok Farida)

Semarang, Idola 92.6 FM – Melihat mahalnya biaya layanan terapi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), sosok yang satu ini tergerak mendirikan sekolah khusus. Selain itu, tentu saja biayanya terjangkau di wilayah Karawang Jawa Barat.

Ia adalah Farida Lucky Utami atau akrab dipanggil bu Farida. Ia mendirikan Amanda Learning Center. Dahulu, bernama kelompok belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Amanda. Amanda merupakan akronim dari “anak mandiri dan berguna”.

Farida merintis ABK Amanda pada tahun 2013, setelah beberapa temannya tertarik belajar pasca melihat perkembangan wicara Umar (putra keempat Farida) yang mengalami autis. Ia paham betul bahwa biaya layanan terapi yang mahal menjadi kendala sejumlah orangtua untuk mengikutkan anaknya di kelas terapi. Karena pengalaman Farida saat mengikuti pelatihan di salah satu pusat terapi di Bekasi, harus merogoh kocek Rp 3,5 juta per bulan.

Saat ini Farida dibantu oleh 9 guru lainnya, terus melatih siswa di pusat terapi dan balai latihan ketrampilan yang didirikannya delapan tahun lalu. Dengan pelatihan ketrampilan tersebut, diharapkan bisa membuka kesempatan kerja bagi anak berkebutuhan khusus sehingga mereka bisa mandiri dan mampu menghidupi dirinya. Ke depan, perempuan kelahiran Sumowono Kabupaten Semarang itu, ingin menyediakan lapangan kerja bagi anak berkebutuhan khusus.

Selengkapnya mengenal lebih sosok yang peduli pada anak berkebutuhan khusus dari Karawang, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Farida Lucky Utami, pendiri Amanda Learning Centre Karawang Jawa Barat. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMengawal Implementasi Sekolah Penggerak-Merdeka Belajar
Artikel selanjutnyaPengusaha Tak Sepakat Jika Kegiatan Usaha Ditutup Dua Hari