Mengenal Inovasi Alat Peraga Matematika untuk ABK bersama Sugiman, Dosen Matematika FMIPA UNNES

Drs Sugiman MSi
Drs Sugiman MSi, Dosen Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang membuat inovasi alat peraga untuk siswa berkebutuhan khusus “Abanetra”. (photo dok Sugiman)

Semarang, Idola 92.6 FM – Mengajarkan mata pelajaran Matematika bukan perkara mudah dan penuh tantangan. Apalagi, pada anak berkebutuhan khusus (ABK).

Namun, bagi Sugiman, dosen Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES), hal itu bisa disiasati. Ia baru-baru ini membuat alat peraga untuk mengajarkan matematika pada ABK. Menurut Sugiman, alat ini didesain bisa memantik imajinasi siswa dalam memecahkan soal-soal matematika.

Drs Sugiman MSi
Drs Sugiman MSi, Dosen Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang & inovasinya “Abanetra”. (photo dok Sugiman)

Dari pengalaman ini, Sugiman dan beberapa mahasiswa UNNES mencoba memecahkan persoalan pelajaran dengan menciptakan alat peraga pemberlajaran yang tepat. Terciptalah, sebuah alat peraga sederhana yang disebut Abanetra. Alat ini menggunakan balok kayu ukuran 1 meter, kemudian dipasang dua puluh kawat melingkar balok tersebut.

Alat peraga “Abanetra”
Alat peraga untuk siswa berkebutuhan khusus “Abanetra” karya Drs Sugiman MSi, Dosen Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.(photo dok Sugiman)

Kemampuan berimajinasi dan berpikir mahasiswa dalam menciptakan alat peraga bagi ABK sebagai tema disertasi doktoralnya, pada Jumat, 25 Juni 2021 lalu.

Selengkapnya, mengenal inovasi alat peraga pelajaran matematika untuk siswa berkebutuhan khusus, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Dosen Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES), Drs Sugiman MSi. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaJateng Terus Galakkan Pemanfaaan Energi Surya Jadi EBT
Artikel selanjutnyaSeberapa Jauh Konsep Kampus Merdeka Mampu Memelihara Semangat Kebebasan Berpendapat?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini