Mengenal KH Dr Fathul Amin Aziz, Inisiator Agrowosata Durian “Azizs Paradise” di Cilacap

KH DR Fathul Amin Aziz
KH DR Fathul Amin Aziz, Inisiator Agrowisata Durian-Azizs Paradise Cilacap. (Photo dok Aziz)

Cilacap, Idola 92.6 FM – Di tengah aktivitasnya mendidik dan mengajar para santri, sosok satu ini juga tergerak mengelola kebun dan membudidayakan buah-buahan. Salah satu produk unggulannya, yakni durian dengan berbagai varietas.

Sosok itu adalah KH DR Fathul Amin Aziz, inisiator Agrowisata Durian “Azizs Paradise” Cilacap Jawa Tengah. Agrowisata yang berdiri di kawasan perkebunan dan wisata keluarga ini, dibangun di lahan seluas lima hektare di pegunungan Cimanggu, Cilacap.

Di lahan ini, ditanami berbagai durian unggulan dengan populasi sekitar 500 batang. Yakni varietas Durian Bawor, Musangking dan Ochee. Masing-masing memiliki karakteristik khusus dan khas sehingga bernilai tinggi.

Pohon durian sedang berbunga
Pohon durian sedang berbunga. Menurut Azis, tidak semua bunga berhasil menjadi buah. Tergantung cuaca dan serangan hama.(Photo dok Aziz)

Menurut Aziz yang juga Ketua Yayasan El Bayan Majenang, selain durian, pengelola agrowisata juga menanam berbagai jenis buah yang fungsinya sebagai penopang operasional karena kecepatan produksinya. Di antaranya, jambu citra, jambu Kristal, jeruk madu, avokad dan sejumlah jenis buah lain. Fungsinya juga sebagai diversifikasi produk.

KH DR Fathul Amin Aziz
KH DR Fathul Amin Aziz (kaos biru-memakai topi), Inisiator Agrowisata Durian-Azizs Paradise Cilacap Jawa Tengah bersama tim. (Photo dok Aziz)

Kawasan agrowisata ini juga merupakan sarana laboratorium lapangan untuk siswa, mahasiswa dan santri. Mereka berpraktik di kawasan agrowisata dengan gratis. Menurut Azis yang juga pengasuh Ponpes El Muslim yang juga kerap disebut Pesantren Durian Pesahangan, ke depan agrowisata ini diharapkan bisa menjadi pusat edukasi petani modern bagi sekolah dan pesantren serta menjadi surga buah bagi masyarakat.

KH DR Fathul Amin Aziz
KH DR Fathul Amin Aziz (kaos putih & memakai topi), Inisiator Agrowisata Durian-Azizs Paradise Cilacap Jawa Tengah bersama murid/santri. (Photo dok Aziz)

Selengkapnya ada apa saja di Agrowisata Durian “Azizs Paradise”, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama KH DR Fathul Amin Aziz, inisiator Agrowisata Durian “Azizs Paradise” Cilacap Jawa Tengah. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaCabai Merah Jadi Penyebab Inflasi Jateng Bulan Oktober 2021
Artikel selanjutnyaMenakar Implikasi Putusan MA yang Menghapus Syarat Koruptor Tak Perlu Jadi “Justice Collaborator” Untuk Dapat Remisi

4 KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini