Mengenal Kopi Gunung Tambora dari Dompu NTB bersama Yani Aryanto

Yani Aryanto
Yani Aryanto, pelestari Kopi Gunung Tambora dari Dompu. (Photo: IG/lanisacoffee)

Semarang, Idola 92.6 FM – Wilayah Gunung Tambora selain memiliki kekayaan keindahan panorama alamnya, juga memiliki produk unggulan kopi khas Tambora. Agar masyarakat makin mengenal kopi hasil petani di lereng gunung Tambora seorang warga mendirikan kedai kopi “La Nisa Coffee” di Dompu NTB.

Dia adalah Yani Aryanto dan istrinya Anisa Nur Iman. Pengusaha muda ini sepakat untuk menjual kopi-kopi khas Gunung Tambora dengan merawat nilai dan tradisi daerah.

Di kedai kopi “La Nisa Coffee” ini, kopi Tambora diolah secara tradisional mulai dari proses penjemuran, penumbukan, hingga proses sangrai atau menggoreng. Semua dilakukan seperti kebiasaan masyarakat Dompu secara turun temurun, selama lebih dari seratus tahun.

La Nisa Coffee sedang menyiapkan kopi pesanan pelanggan:

Perjuangan Yani dan Anisa dalam merawat kopi khas Gunung Tambora mengantarkan mereka dalam acara Slow Food International di kota Turin, Italia pada 18 – 25 September 2018 lalu. Peserta yang hadir dalam acara tersebut berasal dari berbagai negara. Ada sekitar 150 negara yang membawa produk lokalnya masing-masing untuk diperkenalkan kepada pengunjung yang hadir. Mereka yang hadir dalam kegiatan tersebut setidaknya telah memperkenalkan kopi Tambora yang diolah secara tradisional kepada masyarakat dunia.

Lalu apa yang membuat pasangan ini keukeuh mengembangkan potensi kopi khas Tambora agar dikenal dunia? Berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan pelestari Kopi Gunung Tambora dari Dompu, Yani Aryanto. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaKalau Ambang Batas Presiden Dianggap Melanggengkan Praktik Politik Uang, Lalu Kenapa Tetap Dipertahankan?
Artikel selanjutnyaDinkes Siapkan Hari Khusus Untuk Vaksin Nakes

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini