Mengenal Purwo Harsono, Peraih Kalpataru 2021 dari Bantul Yogyakarta

Purwo Harsono
Purwo Harsono Peraih Kalpataru 2021 kategori Perintis Lingkungan. Ia merintis kegiatan wisata di kawasan hutan pinus Mangunan Kabupaten Bantul DIY. (Photo dok Purwo)

Yogyakarta, Idola 92.6 FM – Atas kepedulian menjaga alam di kawasan hutan Pinus Mangunan Kabupaten Bantul DI Yogyakarta, Purwo Harsono menerima penghargaan Kalpataru tahun 2021 kategori Perintis Lingkungan. Penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan itu diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar pada 14 Oktober 2021 di Jakarta.

Kawasan hutan pinus Mangunan Bantul
Purwo Harsono Perintis Kegiatan Wisata di kawasan hutan pinus Mangunan Bantul membagikan bibit tanaman kepada warga sekitar. (Photo dok Purwo)

Hutan pinus Mangunan berada di kecamatan Dlingo Bantul. Ipung, panggilan akrab Purwo Harsono yang juga menjadi Ketua Koperasi Notonowo Bantul mengatakan, pengembangan aktivitas wisata itu berawal dari dorongan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X pada 2014 yang berkunjung ke hutan pinus Mangunan. Kala itu, Gubernur meminta perwakilan dari masyarakat menyampaikan usulan. Ipung yang ditunjuk sebagai perwakilan masyarakat, menyampaikan usulan ke Gubernur tentang pengembangan aktivitas wisata.

Gayung bersambut. Akhirnya terbentuklah Koperasi Notonowo. Saat ini, di kawasan hutan seluas 30,41 hektar itu, terdapat 10 obyek wisata yang secara administrative berlokasi di tiga desa di Kecamatan Dlingo, yakni Mangunan, Muntuk, dan Terong.

Obyek wisata di kawasan hutan pinus Mangunan mulai dikenal luas pada 2017. Wisatawan datang silih berganti. Untuk menyambut wisatawan tersebut, ada 724 warga yang terlibat. Hingga tercatat dalam tahun itu, sekitar 2 juta orang mengunjungi hutan pinus Mangunan dalam setahun.

Pemandangan kawasan hutan pinus Mangunan
Pemandangan kawasan hutan pinus Mangunan Kabupaten Bantul DIY dari berbagai titik. (Photo dok Purwo)

Selengkapnya, mengenai kiprah pegiat lingkungan di Bantul Yogyakarta, berikut ini wawancara Radio Idola Semarang bersama Purwo Harsono, perintis kegiatan wisata di kawasan hutan pinus Mangunan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dan Peraih Penghargaan Kalpataru 2021. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDekranasda Jateng Siap Bawa Batik Lasem Mendunia
Artikel selanjutnyaKenaikan Parliamentary Threshold untuk Apa dan untuk Siapa?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini