Presiden Jokowi Minta Semua Pihak Tak Kendur Prokes untuk Mencegah Varian Omicron

Masker
ilustrasi/istimewa

Jakarta, Idola 92.6 FM – Presiden Joko Widodo meminta semua pihak turut berupaya agar Covid-19 varian Omicron tidak menyebar secara luas di Tanah Air. Presiden juga meminta masyarakat yang belum vaksin untuk segera mendapatkan vaksin sebagai upaya pencegahan virus corona.

Hal itu disampaikannya dalam keterangan pers untuk menyikapi ditemukannya kasus perdana penularan varian Omicron di Indonesia, Kamis 16 Desember lalu.

“Saya meminta semua warga yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin, segeralah mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin. Meski situasi di dalam negeri sudah mendekati normal, saudara-saudara semuanya jangan kendur menerapkan protokol kesehatan, tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Dan, untuk pemerintah daerah, saya minta agar testing, dan tracing kontak erat digencarkan lagi, ditingkatkan lagi,” kata Presiden Joko Widodo.

Jokowi memberikan arahan kepada jajarannya agar mencegah adanya penularan lokal kasus virus corona varian Omricron. Ia juga meminta semua pihak tetap menjaga kondisi pandemi di Indonesia agar tetap aman dan terkendali. Beberapa caranya yakni memastikan jumlah kasus aktif Covid-19 tetap rendah dan menjaga tingkat penularan di bawah 1 persen. Selain itu, Presiden juga meminta warga maupun pejabat untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri untuk sementara waktu.

“Saya minta seluruh warga maupun pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri, paling tidak sampai situasi mereda,” harap Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengumumkan satu pasien pertama varian Covid-19 Omicron di Wisma Atlet, Jakarta, Rabu 15 Desember lalu. Namun, pasien pertama varian Omicron itu sudah dinyatakan negatif usai tes PCR yang kedua. Menyikapi ini, masyarakat diminta tidak panik, dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (tim/ade/her)

Jokowi Minta Semua Pihak Tak Kendur Prokes
Artikel sebelumnyaMenhub Ingatkan Jateng Soal 4 Juta Pemudik Saat Nataru
Artikel selanjutnyaKemenkes Telusuri Riwayat Kontak Erat Pasien Pertama Terkonfirmasi Omicron

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini