Sambut Wisatawan Saat Nataru, Pertamina Tambah Stok Avtur 29 Persen

Mobil tangki avtur
Mobil tangki mengisi avtur ke pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah menyiapkan tambahan stok bahan bakar minyak (BBM) selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, dan salah satunya menambah stok avtur sebesar 29 persen untuk menyambut wisatawan datang berkunjung ke Jawa Tengah dan Yogyakarta. Diperkirakan, saat libur Nataru akan terjadi peningkatan aktivitas penerbangan di wilayah Jateng-DIY.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan untuk memberikan layanan optimal di sektor penerbangan, pihaknya telah menyiagakan lima Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) guna memenuhi kebutuhan bagi seluruh maskapai penerbangan. Pernyataan itu dikatakannya dalam sesi webinar dengan wartawan Jateng-DIY, Rabu (15/12) sore.

Brasto menjelaskan, pada kondisi normal harian itu konsumsi avtur di sejumlah bandara di wilayah Jateng-DIY sebanyak 104 Kilo Liter (KL) per harinya. Sedangkan saat libur Natal dan Tahun Baru, diperkirakan mengalami kenaikan konsumsi sebesar 29 persen atau setara 134 KL per harinya.

Menurutnya, untuk di DPPU Ahmad Yani Semarang selama Nataru disiapkan stok 124 KL per hari dari biasanya 113 KL per hari atau naik 10 persen dan untuk DPPU Adi Soemarmo disiapkan stok avtur 59 KL per hari dari sebelumnya 55 KL per hari atau naik tujuh persen. Sementara untuk di Yogyakarta International Airport disiapkan 53 KL per hari dari sebelumnya 41 KL per hari dan DPPU Adi Sutjipto menyiapkan 221 KL per hari dari sebelumnya 210 KL per hari.

“Ini berdasarkan tren-tren sebelumnya, mas. Yogyakarta kan destinasi wisata ya. Tapi memang dari tren-tren sebelumnya saat Satgas Natal dan Tahun Baru sebelumnya, memang kecenderungan untuk Yogyakarta itu tinggi ya untuk avturnya. Karena memang penerbangannya banyak itu yang ke arah Yogyakarta, maupun keluar Yogyakarta saat Natal dan Tahun Baru dibandingkan di daerah-daerah lain,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, diperkirakan akan ada banyak kunjungan wisatawan ke Jateng-DIY dengan menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Sehingga, pihaknya memberikan tambahan pasokan stok avtur di sejumlah bandara di wilayah Jateng-DIY.

Sementara, secara umum saat libur Nataru tahun ini diperkirakan akan ada kenaikan konsumsi BBM sebesar 10 persen dari konsumsi rerata harian normal. Yakni dari 12.841 KL per harian normal, menjadi 14.157 KL per hari saat Nataru.

“Intinya, kami akan meningkatkan stok dan volume penyaluran BBM sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat. Kami juga akan memastikan stok BBM, dalam kondisi aman dan baik,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMemahami Gempa Tektonik 7,4 SR di NTT bersama Pakar Rekayasa Gempa Prof Sarwidi
Artikel selanjutnyaTak Sanggup Bayar Angsuran KPR, Warga Solo Ini Nekat Rampok Pet Shop

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini